Analisis SWOT Strategi Dakwah Ustadz Adi Hidayat dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam di Channel Youtube Adi Hidayat Official

  • Muhammad Adnan Firdaus Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Malki Ahmad Nasir Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Asep Ahmad Siddiq Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Bandung, Indonesia
Keywords: Strategi Dakwah, Teori Analisis SWOT, Sosial Media

Abstract

Abstract. Ustadz Adi Hidayat is a favored preacher in Indonesian society. He possesses a communication style that can embrace various segments, especially the youth. This research aims to explore Ustadz Adi Hidayat's dakwah strategy for instilling Islamic values on the @adihidayatofficial YouTube channel using the SWOT analysis approach (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). The study identifies strengths, weaknesses, opportunities, and challenges in terms of the dakwah strategy employed by Ustadz Adi Hidayat. The research methodology is qualitative, involving data collection through dakwah videos on the @adihidayatofficial YouTube channel. The research findings indicate the strengths that are diverse dakwah contents, substantive and profound content, proficient communication skills, and responsiveness to contemporary issues. While the weaknesses that are minimal interaction, lengthy video duration. The opportunities that are significant viewer impressions. The Threat that are competition with other YouTube contents, algorithmic changes affecting video visibility, and the potential for controversy or misunderstanding in conveying dakwah messages.

Abstrak. Ustadz Adi Hidayat merupakan pendakwah yang sangat disukai masyarakat Indonesia. Ia memiliki gaya komunikasi yang mampu merangkul berbagai kalangan, khususnya kalangan pemuda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dakwah Ustadz Adi Hidayat dalam menanamkan nilai-nilai islam di channel youtube @adihidayatofficial dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats). Penelitian ini mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan dari segi strategi dakwah yang dilakukan oleh Ustadz Adi Hidayat. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan pengumpulan data berupa video dakwah di channel youtube @adihidayatofficial. Hasil penelitian menyatakan bahwa kekuatan: konten dakwah yang beragam, konten substantif dan mendalam, keahliann komunikasi yang baik, serta responsive terhadap isu-isu kontemporer. Kelemahan: minim interaksi, durasi video yang Panjang. Peluang: impresi penonton yang banyak. Tantangan: persaingan konten-konten lain di youtube, perubahan algoritma yang dapat mempengaruhi tampilan video, serta adanya potensi kontroversi atau kesalahpahaman dalam penyampaian pesan dakwah.

References

Ahmad Asmuni. “Filsafat dan Dakwah”. Dalam Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol.8. No.1. (2017): 88

Abdulmalik Abdulkarim, A. (1989) Tafsir al-Azhar. (Jakarta: Pustaka Nasional PTE LTD Singapura.

Kasemin. K. (2015). Agresi Perkembangan Teknologi Informasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Noor. K. L. (2020) “Pendidikan Islam Dalam Persfektif

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 129 dan 151” dalam jurnal tarbawi. Vol. 5 No. 2.

M. Chabib Thiha. (1996) Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajat.

M. Munir. (2009) Metode Dakwah. Jakarta: Kencana.

Moch. Fakhruroji. (2017). Dakwah Di Era Media Baru: Teori dan Aktivisme Dakwah Di Internet. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Moh. Ali Aziz. (2016) Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.

Mujito. (2023). Manajemen Strategik Dengan Pendekatan Analisis SWOT. Banyumas: Wawasan ilmu.

Ruli Nasrullah. (2018). Etnografi virtual: Riset Komunikasi Budaya. dan Sosioteknolodi di internet. Bandung: Simbiosa Rekatama.

Rulli Nasrullah. Media Sosial: Perspektif Komunikasi. Budaya. dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Samsul Munir Amin. (2013) ilmu Dakwah Jakarta: Amzah.

Sari. Mila. et al. (2022) Metodologi penelitian. Padang: Global Eksekutif Teknologi.

Winarto Surakhmad. (1982). Pengantar Penelitian Ilmiah Bandung: Tarsito

Tata Sukayat. (2009). Quantum Dakwah. Jakarta: Rineka Cipta.

Andini, N. R. A., Hidayat, A. R., & Suwarsih, S. (2016). Analisis Swot terhadap Baznas Kabupaten Subang dalam Meningkatkan Kesadaran Muzaki untuk Menyalurkan Zakatnya Melalui Lembaga Amil Zakat. Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah, 2(2), 705–710. http://repository.unisba.ac.id/handle/123456789/5493

Published
2024-02-12