Pola Komunikasi Antarpersonal Ustadz Hilman Abu Attaqy Melalui Program Mulazamah Tahsin di Yayasan Intensif Tahfidz dan Tahsin Al-Qur'an

  • Irna Qurani Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Chairiawaty Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Bandung, Indonesia
Keywords: Komunikasi Antarpersonal, Program Mulazamah Quran, Ustadz Hilman Abu Attaqy

Abstract

Abstract. The study titled "Interpersonal Communication Patterns of Ustadz Hilman Abu Attaqi in Dawah through the Mulazamah Tahsin Program in the Intensive Tahsin and Tahfidz of the Qur'an" focuses on interaction characteristics, communication forms, and challenges faced by Ustadz Hilman Abu Attaqy in dawah through the Mulazamah Tahsin program within the context of Intensive Tahfidz and Tahsin of the Qur'an. A qualitative method is employed to gather necessary information.The research findings demonstrate that Ustadz Hilman Abu Attaqy implements interaction characteristics such as openness, empathy, support, positivity, and equality when interacting with students. This is reflected in his openness in sharing knowledge, high empathy in guiding students, providing positive support and programs, as well as a positive and fair approach to individuals. In his dawah, Ustadz Hilman employs both verbal and nonverbal communication. Verbal communication involves words and phrases for giving instructions and guidance in Quranic learning. Nonverbal communication encompasses gestures like clearing his throat, tapping the table, giving a thumbs-up, and raising hands as additional messages to participants. The research also identifies communication barriers in learning, such as disruptive learning locations due to public roads and low participation due to attendance inconsistencies. Ustadz Hilman utilizes three main communication patterns: Interactive Pattern for Q&A or discussions, Asymmetric Pattern as an instructor and students as learners, and Reflective Pattern when students offer questions or input.

Abstrak. Penelitian berjudul "Pola Komunikasi Antarpersonal Ustadz Hilman Abu Attaqi Dalam Berdakwah Melalui Program Mulazamah Tahsin Di Intensif Tahsin dan Tahfidz Qur’an" difokuskan pada karakteristik interaksi, bentuk komunikasi, dan tantangan yang dihadapi Ustadz Hilman Abu Attaqy dalam berdakwah melalui program Mulazamah Tahsin dalam Intensif Tahfidz dan Tahsin Al-Qur’an. Metode kualitatif digunakan untuk menggali informasi yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan Ustadz Hilman Abu Attaqy menerapkan karakteristik interaksi seperti keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesetaraan saat berinteraksi dengan santri. Ini tercermin dalam tindakan terbukanya dalam berbagi ilmu, empati yang tinggi dalam membimbing santri, dukungan dan program positif yang diberikannya, serta pendekatan positif dan adil terhadap individu. Dalam dakwahnya, Ustadz Hilman menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal. Komunikasi verbal melibatkan kata-kata dan kalimat untuk memberikan instruksi dan panduan dalam pembelajaran Al-Qur’an. Komunikasi nonverbal mencakup isyarat seperti berdehem, mengetuk meja, memberikan jempol, dan mengangkat tangan sebagai tambahan pesan kepada peserta. Penelitian juga mengidentifikasi hambatan komunikasi dalam pembelajaran, seperti lokasi belajar yang terganggu oleh jalan umum dan partisipasi rendah karena ketidakseimbangan kehadiran. Ustadz Hilman menggunakan tiga pola komunikasi utama: Pola Interaktif dalam tanya jawab atau diskusi, Pola Asimetris sebagai pengajar dan santri sebagai pembelajar, serta Pola Reflektif saat santri memberikan pertanyaan atau masukan.

References

Astrid Susanto, 1992, Komunikasi Dalam Teori dan Praktek ,Bandung : Mandar Maju.

Bagas Yanuar, Media Komunikasi, https://www.academia.edu/34148219/Teori_Media_Komunikasi , diakses 3 Agutus 2023

Deddy Mulyana. 2014, Teori Komunikasi ,Bandung : Simbiosa Rekatama Media, 2013, Jilid-2

Diana, Misra, "Peran Komunikasi Dalam Managemen Pendidikan", dalam Journal of islamic education management, tahun 2021

Elva Ronaning, Komunikasi Interpersonal, http://repo.unand.ac.id/33793/1/Buku%20Monograf%20KOMUNIKASI%20INTERPERSONAL.pdf, diakses 7 Agustus 2023

Ety Nur Inah, "Perana Komunikasi Dalam Pendidikan", dalam Jurnal Al-Ta'dib, Vol.6 No.1, tahun 2019.

Fred David, 2002, manajemen strategi komunikasi, Jakarta: prehalindo, Jilid-1.

Hani Noor, "Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Al Quran", dalam Jurnal Al 'Ulum Vol.52 No.2, tahun 2020

Hanif Zaid, Teori Komunikasi Dalam Praktik, https://books.google.co.id/books?id=bco5EAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false, diakses 6 Agustus 2023

Herawati, Skripsi: “Komunikasi Ustadz Dalam Membina Akhlakul Karimah Santri Pondok Pesantren Langit Bumi Kota Agung Barat Kab.Tanggamus” Skripsi tidak diterbitkan, tahun 2022.

HR. Tirmidzi, no. 2910 https://rumaysho.com

https://khazanah.republika.co.id/berita/p2kzzi335/solusi-untuk-mengatasi-tingginya-buta-huruf-alquran ,diakses 8 Juli 2023.

https://quran.kemenag.go.id/quran , diakses 7 Juli 2023.

https://tirto.id/mengenal-smcr-model-komunikasi-yang-dipelopori-david-kenneth-berlo-f8V5 ,diakses 14 Juli 2023.

https://tirto.id/mengenal-smcr-model-komunikasi-yang-dipelopori-david-kenneth-berlo-f8V5 ,diakses 14 Juli 2023.

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230306064622-20-921284/mpr-mengkhawatirkan-72-persen-muslim-indonesia-buta-aksara-al-quran , diakses 9 Juli 2023.

Irma Yunita Sari, Skripsi: “Komunikasi Ustadz Ahmad Farhan Pada Masa Pandemi Covid-19” Skripsi tidak diterbitkan, tahun 2021.

Joeyudha, 2013, Konsep Dasar Komunikasi , dalam http://joeyudha.blogspot.com/2013/03/konsep-dasar-komunikasi.html , diakses 7 Juli 2023

Marsofiyati, “Analisis Komunikasi Interpersonal Karyawan Divisi Marketing”, Dalam Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, Vol.2 No.7 Tahun 2023.

Minorrahman, https://minorrahman.sch.id/blog/pentngnya-sebuah-komunikasi/ ,diakses 4 agustus 2023

Mutia Khanza Azzahrani, Skripsi: “Komunikasi Antarpersonal Para Ustadz Dalam Membentuk Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Teknilogi Riau” Skripsi tidak diterbitkan, tahun 2023.

Neneng Fitria Majid, “Pola Komunikasi Antarpribadi dalam pembinaan hafalan di madrasah tahfidzul qur’an pondoj pesantren al-fatah kecamatan bacukiki barat kelurahan bumi harapan” Skripsi tidak diterbitkan, tahun 2021.

Nurudin, 2010, Sistem Komunikasi Indonesia, Jakarta : Rajawali.

Sasa Djuarsa, 1998, Pengantar Komunikasi ,Jakarta: Universitas Terbuka.

Silfia Hanani, komunikasi antarpribadi teori dan praktik, http://repo.uinbukittinggi.ac.id/166/2/7%20mar_buku_komunikasi%20antar%20pribadi_silfia%20hanani.pdf, diakses 7 Agutus 2023

Uchjana onong, 2023, ilmu komunikasi teori dan praktek, Bandung:PT.remaja rosdakarya. Cet. Ke-3

Ustad Hilman Abu Attaqi, pendakwah, pada 11 Agustus, 15.44 WIB.

AR, Z. T., & Subaidi. (2019). Implementasi Segregasi Kelas Berbasis Gender dalam Menanggulangi Interaksi Negatif Siswa di Smp Al-Falah Ketintang Surabaya. Al-Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 30–43. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/alhikmah/article/view/3424/2438

Published
2024-02-29