Faktor-Faktor yang Menentukan Keputusan Nasabah Pembiyaan Mitraguna Berkah Bank Syariah Indonesia : Studi Kasus di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bandung Asia Afrika
Abstract
Abstract. The growth in disbursement of consumer financing at BSI Bandung City Area, which occupies the top ranking position is at the BSI Bandung Asia Africa Branch Office. This happened because the disbursement of financing for BSI's Mitraguna Berkah products was very significant, dominated by customers, especially non PNS teachers, who had middle to lower incomes of 1,500,000 to 2,400,000, felt they met the classification to apply for Mitraguna financing at BSI, as well as opinions and interests that make customers prefer applying for Mitraguna BSI. In addition, BUMN customers who have taken over to BSI feel that margins and installments at BSI are lighter and more consistent than conventional banks. The purpose of this study is to identify and analyze what factors determine customer decisions and analyze what factors are most dominant in determining customer decisions for Mitraguna Berkah Financing. The method used in this research is quantitative descriptive and the analysis model is Principal Compenents Analysis. Sources of data in this study are primary and secondary. The data collection technique is by distributing questionnaires to 100 respondents of 21 statements. The sampling technique uses non-probability sampling with a purposive sampling technique. The results of this study indicate that there are factors that determine the customer's decision to finance Mitraguna Berkah BSI KC Bandung Asia Africa, which consists of personal factors, economic factors, psychological factors and social factors. The most dominant factor in determining the customer's decision to finance Mitraguna Berkah BSI KC Bandung Asia Africa is personal factors.
Abstrak. Pertumbuhan pencairan pembiayaan consumer pada Bank Syariah Indonesia Area Bandung Kota, yang menempati posisi peringkat teratas adalah di BSI Kantor Cabang Bandung Asia Afrika. Hal ini terjadi karena peningkatan pencairan pembiayaan produk Mitraguna Berkah BSI, sangat signifikan didominasi oleh nasabah khususnya guru non PNS, yang memiliki pendapatan menengah kebawah sebesar 1.500.000 s/d 2.400.000, merasa memenuhi klasifikasi untuk mengajukan pembiayaan Mitraguna di BSI, serta opini dan minat yang membuat nasabah untuk prefer mengajukan Mitraguna BSI. Selain itu, nasabah BUMN yang melakukan take over ke BSI merasa margin dan angsuran di BSI lebih ringan dan tetap dibandingkan bank konvensional. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengindentifikasi dan menganalisis faktor-faktor apa yang menentukan keputusan nasabah dan menganalisis faktor apa yang paling dominan dalam mementukan keputusan nasabah Pembiayaan Mitraguna Berkah di BSI KC Bandung Asia Afrika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan model analisis yaitu Principal Compenents Analysis. Sumber data dalam penelitian ini yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan penyebaran kuesioner pada 100 responden dengan jumlah sebanyak 21 pernyataan. Teknik penarikan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat faktor yang menentukan keputusan nasabah pembiayaan Mitraguna berkah BSI KC Bandung Asia Afrika yaitu terdiri dari faktor pribadi, faktor ekonomi, faktor psikologis dan faktor sosial. Faktor yang paling dominan dalam menentukan menentukan keputusan nasabah pembiayaan Mitraguna berkah BSI KC Bandung Asia Afrika adalah faktor pertama yaitu faktor pribadi.
References
[2] Fahmi, I. (2014). Pengantar Perbankan Teori & Aplikasi. https://doi.org/10.20595/jbf.19.0_3
[3] Sharif, Muhammad Sistem ekonomi Islam, Prinsip Dasar (Jakarta: Suherman Rosyidi, 2011)
[4] Rahim, A. (2021). Konsep Bunga dan Prinsip Ekonomi Islam Dalam Perbankan Syariah. Al-Iqtishad: Jurnal Ekonomi, 1(2), 189.