Strategi Pengembangan Bisnis Digital Menggunakan Metode Blue Ocean Strategy (Studi Kasus Aplikasi X)

  • Teuku Muhammad Abidzar Saddam Ekonomi Pembangungan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Ima Amaliah Ekonomi Pembangunan fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Islam Bandung
Keywords: E-wallet, Aplikasi X, Blue Ocean Strategy

Abstract

Abstract. The development of industry 4.0 has had an impact on people's behavior, one of the influences that has arisen is the emergence of a cashless society. In a cashless society, people prefer to use e-wallets as a medium of exchange when making transactions. The large number of demands from the public for e-wallet has made many companies compete in offering their e-wallet services, including one of the biggest and oldest expedition companies that launch application X as a new business direction to take. The data used is the result of interviews conducted with 7 (seven) managerial team members who are responsible for application X. Based on the research results, it can be seen that the blue ocean strategy method can be used to determine application X’s external and internal conditions. Based on the results of the analysis conducted on the application X strategy canvas, it can be seen that some application X are lagging behind in terms of trends, bonuses and promos, as well as the variety of merchants. To increase these lagging factors, application X can create a good marketing strategy so that its products can be widely known and used by various groups, especially those who are application X target market. With a good marketing strategy, application X can get new customers and get more income.

Abstrak. Perkembangan industri 4.0 berdampak pada perilaku masyarakat, salah satu pengaruh yang muncul adalah timbulnya perilaku cashless society. Pada cashless society, masyarakat lebih memilih untuk menggunakan e-wallet sebagai alat tukar saat melakukan transaksi.  Banyaknya permintaan dari masyarakat tentang e-wallet membuat banyak perusahaan berlomba-lomba dalam menawarkan layanan e-wallet yang mereka miliki, tak terkecuali salah satu perusahaan ekspedisi terbesar dan tertua yang meluncurkan aplikasi X sebagai arah bisnis baru yang akan di ambil. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa metode blue ocean strategy dapat digunakan untuk mengetahui kondisi eksternal dan internal aplikasi X. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada kanvas strategi aplikasi X, dapat diketahui bahwa beberapa aplikasi X tertinggal pada faktor tren, bonus dan promo, serta ragam merchant. Untuk meningkatkan faktor-faktor yang tertinggal tersebut, aplikasi X bisa membuat strategi pemasaran yang baik agar produknya bisa dikenal dan digunakan secara luas oleh berbagai kalangan, terutama yang menjadi target pasar aplikasi X. Dengan strategi Pemasaran yang baik, aplikasi X bisa mendapatkan konsumen baru sehingga penghasilan yang didapat menjadi lebih banyak.

Kata kunci: E-wallet, Aplikasi X, Blue Ocean Strategy.

 

References

Albar Firman Bani, Wisudianto Angga, Mubiena Ghaida Fateha, Mansur Agus, 2014. Desain strategi pengembangan UKM dengan kombinasi metode benchmarking dan blue ocean strategy. Seminar Nasional IENACO, ISSN: 2337-4349.
Astuti Yuliana, Zulkarnain Muhammad, Mukarramah, 2019. Penerapan Blue Ocean Strategy Pada Village Coffe di Kota Langsa. Jurnal UMSU, Vol.1, No.1.
Aulia Sisca, 2020. Pola Perilaku Konsumen Digital Dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital. Jurnal Komunikasi, Vol.12 No.2.
Boku.com. 2021 Mobile Wallet Report
Bungin Burhan, 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Kartajaya et al, 2005. Markplus on Strategy: 12 tahun MarkPlus&Co. membangun strategi perusahaan. Jakarta: PT. Gtamedia Pustaka
Kim W. Chan, Mauborgne Renee, 2014. Blue Ocean Strategy Ciptakan Ruang Pasar Tanpa Pesaing dan Biarkan Kompetisi Tak Lagi Relevan. Jakarta: PT. Ikrar Mandiriabadi.
Kim W. Chan, Mauborgne Renee, 2016. Blue Ocean Shift Pergeseran Samudera Biru Melampaui Persaingan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Published
2023-08-04