Analisis Ekonomi terhadap Biaya Produksi, Harga Pokok, dan Penawaran ‘Ibu Paini’ di Kawasan Batik Kabupaten Bojonegoro

  • Rindy Ayu Fitara Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Yuhka Sundaya Ekonomi Pembangungan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Islam Bandung
Keywords: Biaya Produksi, Harga Pokok, Penawaran

Abstract

Abstract. The purpose of this research is to analyze production costs, basic prices, and batik offers. The object of her study is Mrs. Paini's batik which is in the Bojonegoro batik area in Jono Village, Temayang District. The author explores information and data from Mrs. Paini's business unit using quantitative methods. The researcher calculated fixed costs, variable costs, labor costs and estimated the supply function using the econometric method. The computational results show that the fixed cost for producing 1 pcs of batik is 8 185, the average variable cost for producing 1 pcs of batik is 26 275. Meanwhile the average labor cost for producing 1 pcs of batik is 14 130. The average to produce 1 pcs of batik HPP per unit is 48 775. While the average selling price for 1 pcs of batik is 63 407. The results of the econometric estimation of batik supply conclude that the constant value of 66 586 indicates a positive effect of the variable number of batik sales (X) on the variable selling price of batik (Y). That is, if the value of the number of sales increases, the value of the selling price of batik also increases by 66 586. The Regression Coefficient of the number of sales of batik is -0.022 indicating that if the number of sales decreases by one unit, the selling price of batik also decreases by -0.022. The coefficient of determination is 0.368 or equal to 36.8% meaning that the influence of the number of batik sales on the selling price of Mrs. Paini's batik can simultaneously explain the effect of 36.8% while the rest is influenced outside the regression equation and several variables that are not examined.

abstrak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis biaya produksi, harga pokok, serta penawaran batik.  Objek  studinya adalah  batik Ibu Paini yang berada di Kawasan batik Bojonegoro di Desa Jono Kecamatan Temayang. Penulis mengeksplorasi informasi dan data dari unit usaha Ibu Paini dengan menggunakan metode kuantitatif. Peneliti menghitung biaya tetap (fix cost), biaya variable (variable cost), biaya tenaga kerja dan mengestimasi fungsi penawaran dengan metode ekonometrika. Hasil komputasi menunjukkan bahwa biaya tetap untuk memproduksi 1 pcs batik sebesar 8 185, rata-rata biaya variable untuk memproduksi 1 pcs batik adalah sebesar 26 275. Sementara rata-rata biaya tenaga kerja untuk memproduksi 1 pcs batik adalah sebesar 14 130.  Rata-rata untuk memproduksi 1 pcs batik HPP per unit adalah sebesar 48 775. Sedangkan rata-rata harga jual untuk 1 pcs batik adalah sebesar 63 407. Hasil estimasi ekonometrika penawaran batik menyimpulkan bahwa, nilai kontanta 66 586 menunjukkan pengaruh positif variable jumlah penjualan batik (X) terhadap variable harga jual batik (Y). Artinya, jika nilai jumlah penjualan meningkat maka nilai harga jual batik juga meningkat sebesar 66 586. Koefisien Regresi jumlah penjualan batik sebesar 0,022 menyatakan bahwa jika jumlah penjualan mengalami penurunan sebesar satu satuan, maka harga jual batik juga mengalami penurunan sebessar -0,022. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,368 atau sama dengan 36,8 % artinya, pengaruh jumlah penjualan batik terhadap harga jual batik milik Ibu Paini dapat menjelaskan secara simultan berpengaruh sebesar 36,8% sedangkan sisanya dipengaruhi di luar persamaan regresi serta beberapa variable yang tidak di teliti.

References

[1]. Agustina, Fitri. “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas III di MI Najahiyah
[2]. Palembang.” UIN Raden Fatah Palembang, 2019. Bernard, Martin, and Eka Senjayawati. “Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Software Geogebra.” Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika 3, no. 2 (2019): 79 - 87.
[3]. Dessy Wulansari, Andhita. Aplikasi Statistika Parametrik dalam Penelitian. Yogyakarta: Pustaka
[4]. Felicha, 2016. Dkk, Nuryadi. Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Subuku Media, 2017.
[5]. Fatmahanik, Ulum. “Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Matematika Realistik di Madrasah Ibtidaiyah (MI).” Cendekia 14, no. 1 (2016): 107 – 22.
[6]. ———. “Realistic Mathematic Education (RME) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 1, no. 1 (2016): 19 – 34.
[7]. Hadi, Sutarto. Pendidikan Matematika Realistik. Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2016.
[8]. Hamzah, M. Ali, and Muhlisrarini. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pres, 2014.
[9]. Hidayati, Kurnia. “Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SD/MI.” Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan 11, no. 1 (2013): 163 – 81.
[10]. Isrok’atun, and Amelia Rosmala. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.
[11]. Karunia, and Ridwan. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2015.
[12]. M.K Abdullah. Tehnik Belajar Cepat Jarimatika. Jakarta: Sandro Jaya, 2012.
[13]. Muzakki, Hawwin. Penilaian Pembelajaran. Malang: Madani Media, 2019.
[14]. Nurul, Hidayah. “Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar.” Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 2, no. 1 (2015): 34 – 49.
[15]. Priyatno, Dwi. Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media, 2016.
[16]. Rahma, Fitri. “Penerapan Strategi the Firing Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri I Batipuh” 3, no. 1 (2014).
[17]. Rini, Elin Sapto. “Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Antara yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada Siswa Kelas IV di MI Ma’arif Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020.” IAIN Ponorogo, 2020.
[18]. Sakho Muhammad, Akhsin, and Zarkasi Afif. Mushaf Fany Bi Syauqin Al-Qur’an dan Terjemahan. Banten: Forum Pelayanan Al-Qur’an, 2017.
[19]. Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2014.
[20]. Seviana, Kiki. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 E Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V Semester 2 SDN 1 Kebondalem Tegalombo
[21]. Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021.” IAIN Ponorogo, 2021.
[22]. Siregar, Evelina, and Hartini Nara. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 2015.
[23]. Sriwidadi, Teguh. “Penggunaan Uji Mann-Whitney pada Analisis Pengaruh Pelatihan Wiraniaga dalam Penjualan Produk Baru.” Binus Business Review 2, no. 2 (2011): 751 – 62.
[24]. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2019.
[25]. ———. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2015.
[26]. Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group, 2019.
[27]. Trisnamansyah, Sutaryat. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.
[28]. Widyaningrum, Retno. Statistika. Yogyakarta, 2021.
[29]. Wulansari, Andhita Dessy. Statistika Parametik Terapan untuk Penelitian Kuantitatif. Ponorogo: STAIN Po PRESS, 2015
Published
2023-08-05