Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Penggunaan E-Commerce oleh UMKM di Kota Bandung: Pendekatan Theory of Planned Behaviour

  • Ranti Farihatunisa Ekonomi Pembangungan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Ade Yunita Mafruhat Ekonomi Pembangungan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Islam Bandung
Keywords: UMKM, Teori Perilaku Terencana, E-commerce

Abstract

Abstract. E-commerce, as part of e-business, provides opportunities for MSMEs to overcome challenges such as funding, marketing, raw materials, labor, and distribution as well as transportation. This study aims to explore the factors influencing the intention to use e-commerce among Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) using the Theory of Planned Behaviour. This research employs a quantitative method with an explanatory research approach. Data was collected through purposive sampling from 100 MSMEs in Bandung City that utilize e-commerce in their business operations. Descriptive analysis and SmartPLS 4.0 were used to analyze the data. The findings indicate that MSMEs in Bandung City exhibit a positive attitude towards e-commerce, demonstrating a strong intention to utilize it in their business operations. Subjective norm, reflecting the views and expectations of individuals' social environment, has the most significant influence on the intention to use e-commerce, emphasizing the importance of support and positive encouragement from family, colleagues, business partners, and the community. Perceived behavior control, which refers to individuals' beliefs about their control over using e-commerce, also plays a crucial role in shaping the intention to use e-commerce among MSMEs in Bandung City.

Abstrak. E-commerce, sebagai bagian dari e-business, memberikan peluang bagi UMKM untuk mengatasi tantangan seperti permodalan, pemasaran, bahan baku, ketenagakerjaan, dan distribusi serta transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat penggunaan e-commerce oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menggunakan Teori Perilaku Terencana. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan eksplanatori. Data dikumpulkan melalui purposive sampling terhadap 100 UMKM di Kota Bandung yang menggunakan e-commerce dalam bisnis mereka. Analisis deskriptif dan SmartPLS 4.0 digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM di Kota Bandung memiliki sikap positif terhadap e-commerce, yang menunjukkan niat yang kuat untuk memanfaatkannya dalam operasional bisnis mereka. Norma subjektif, yang mencerminkan pandangan dan harapan lingkungan sosial individu, memiliki pengaruh paling signifikan terhadap niat penggunaan e-commerce, menekankan pentingnya dukungan dan dorongan positif dari keluarga, rekan kerja, mitra bisnis, dan masyarakat. Kendali perilaku yang dirasakan, yang merujuk pada keyakinan individu tentang kendali mereka dalam menggunakan e-commerce, juga memainkan peran penting dalam membentuk niat penggunaan e-commerce oleh UMKM di Kota Bandung.

References

[1] Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) dalam Perekonomian Indonesia (Vol. 11, Issue 1). Djaslim S. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya; 2003.
[2] Anita, T. (2015). Analisis Penerapan PP 46 Tahun 2013 bagi UMKM dalam Mempertahankan Keberadaan Umkm di Indonesia. Sosio E-Kons, 7(3), 2013. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v7i3.702A. Shimp T. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. 5th ed. Jakarta: Erlangga; 2000.
[3] Muslaedi, M. (2022). Analisis Determinan Penyerapan Tenaga Kerja pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Selatan.
[4] Intan Ghita. (2022). Jokowi Targetkan 30 Juta UMKM Go Digital pada 2024. Https://Www.Voaindonesia.Com/.https://www.voaindonesia.com/a/jokowi-targetkan-30-juta-umkm-go-digital-pada-2024/6504633.html
[5] Turban, Efraim. (2012). Electronic commerce 2012: a managerial and social perspective. 791. https://books.google.com/books/about/Electronic_Commerce_2012.html?hl=id&id=639SkgEACAAJ
[6] Ajzen, I., & Fishbein, M. (1980). Understanding Attitude and Predicting Social Behaviour. http://www-unix.oit.umass.edu/~aizen.
Published
2023-08-22