Pengaruh Technology Acceptance Model Terhadap Minat Mahasiswa Unisba Dalam Menggunakan Shopee Paylater

  • Nesta Amalia Apriliani Deden Rahmat Universitas Islam Bandung
Keywords: Shopee Paylater, TAM, Minat

Abstract

The research was conducted with the aim of examining the effect of the TAM variable seen from the Perspective of perceived usefulness, Perceived ease of use, Behavioral intention to use and Actual to use partially on Unisba students' interest in using the shopee paylater. This is because the number of E-commerce users in Indonesia continues to increase every year, the number of system users' paylater payments has also increased from the previous year. This study uses a quantitative approach or method, the population used is the Shopee Paylater application users. Data collection techniques were carried out by distributing questionnaires to 100 respondents online and analyzed. The data analysis technique used in this study is the OLS regression. The results of this study indicate that the TAM Perspective variables perceived usefulness, Perceived ease of use, Behavioral intention to use and Actual to use have positive and significant values for Unisba students' interest in using Shopee Paylater.

Abstrak. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh dari variabel TAM dilihat dari Perspektif perceived usefulness, Perceived ease of use, Behavioral intention to use dan Actual to use secara parsial terhadap minat mahasiswa unisba dalam menggunakan shopee paylater. Hal ini dikarenakan banyaknya pengguna E-commerce di Indonesia terus meningkat setiap tahun, jumlah pembayaran paylater pengguna sistem juga meningkat dari tahun sebelumnya. Penelitian ini menggunakan kuantitatif pendekatan atau metode, populasi yang digunakan adalah pengguna aplikasi Shopee Paylater. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden secara online dan dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah dalam penelitian ini adalah regresi OLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel TAM Perspektif perceived usefulness, Perceived ease of use, Behavioral intention to use dan Actual to use bernilai positif dan snifikan terhadap Minat mahasiswa unisba dalam menggunakan Shopee Paylater.

References

Ahmad, & Pambudi, B. S. (2013). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Ketersediaan Fitur Terhadapminat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Program Layanan Internet Banking Bri). Journal of Chemical Information and Modeling, 53 (9).
2. Alomary, A., & Woollard, J. (2015). How is Technology Accepted By Users? A Review of Technology Acceptance Models and Theories. Proceedings of The IRES 17th International Conference.
3. Anatasya, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Fitur Shopee PayLater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa.
4. Annur, C. M. (2022). No Title. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/20/ini-situs-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-per-agustus-2022
Ahmad, & Pambudi, B. S. (2013). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Ketersediaan Fitur Terhadapminat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Program Layanan Internet Banking Bri). Journal of Chemical Information and Modeling, 53 (9).
2. Alomary, A., & Woollard, J. (2015). How is Technology Accepted By Users? A Review of Technology Acceptance Models and Theories. Proceedings of The IRES 17th International Conference.
3. Anatasya, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Fitur Shopee PayLater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa.
4. Annur, C. M. (2022). No Title. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/20/ini-situs-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-per-agustus-2022
5. Asja, H. J., Susanti, S., & Fauzi, A. (2021). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, dan Pendapatan terhadap Minat Menggunakan Paylater: Studi Kasus Masyarakat di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2 (4).
6. Asja, Hasanah Jaya, Susanti, Santi, Fauzi, A. (2021). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, dan Pendapatan terhadap Minat Menggunakan Paylater: Studi Kasus Masyarakat di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(4), 309–325. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i4.495
7. Aulianisa, S. (2020). Konsep Dan Perbandingan Buy Now, Pay Later Dengan Kredit Perbankan Di Indonesia: Sebuah Keniscayaan Di Era Digital Dan Teknologi. Rechts Vinding Journal : Pembinaan Hukum Nasional, 9 (2)
8. Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. Source: MIS Quarterly.
9. Engel, B. & M. (2012). Perilaku Konsumen. Binarupa Aksara.
10. Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro.
11. Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
12. Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro.
13. Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
14. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
15. Harahap, Dedy Ansari, dan Amanah, D. (2018). Prilaku Belanja Online Di Indonesia. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI).
16. Hasanah, R. (2020). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Kredit ShopeePayLater dari Marketplace Shopee.
17. Juju, D. and Maya, M. (2010). Cara Mudah Buka Toko Online dengan Wordpress+WP E-Commerce. Andi Offet.
18. Kotler dan Keller. (2014). Manajemen Pemasaran Jilid I (13th ed.). Erlangga.
19. Kurniawan, A. (2017). Pendidikan Kepribadian dan Pembinaan Mental Spiritual Melalui Ilmu Beladiri Pencak Silat.
20. Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2017). E-Comerse 2016 business, tecnology, sociey (12th ed.). Britis Library Cataloguint-in.
21. Marakarkandy, B., Yajnik, N., & Dasgupta, C. (2017). Enabling Internet Banking Adoption: An Empirical Examination With An Augmented Technology Acceptance Model (TAM). Journal of Enterprise Information Management, 30 (2).
Published
2023-08-03