Pengaruh Laju Pertumbuhan Ekonomi dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Ketimpangan Pendapatan di Provinsi Jawa Barat Tahun 2017-2021

  • Tyas Ayuning Lestari Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Ima Amaliah Ekonomi Pembangunan fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Islam Bandung
Keywords: LPE, IPM, Ketimpangan Pendapatan

Abstract

Abstract Inequality occurs due to differences in the content of natural resources and demographic conditions found in each region. This study aims to identify how much influence LPE and IPM have on income inequality in districts/cities in West Java Province and measure how much influence LPE and IPM have on income inequality that occurs in districts/cities in West Java. The method used in this research is a quantitative method. The analysis was carried out using the panel data regression method or Panel Pooled Data. The results of the study show that the LPE does not have a significant effect on income inequality between districts/cities in West Java Province. Furthermore, IPM has a positive and significant influence on income inequality between districts/cities in West Java Province.

Abstrak Ketimpangan terjadi karena adanya perbedaan kandungan sumber daya alam dan kondisi demografi yang terdapat pada masing-masing wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana pengaruh LPE dan IPM terhadap ketimpangan pendapatan kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat dan mengukur berapa besar pengaruh LPE dan IPM terhadap ketimpangan pendapatan yang terjadi di kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Analisis yang dilakukan dengan metode regresi data panel atau Panel Pooled Data. Hasil penelitian menunjukan bahwa LPE tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ketimpangan pendapatan antar daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat. Selanjutnya IPM memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan antar wilayah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat.

Published
2023-02-01