Pengaruh Technology Acceptance Model Terhadap Minat Masyarakat Kota Bandung dalam Berbelanja Produk Fashion di E-Commerce Shopee

  • Woro Rona Farrasari Ekonomi Pembangungan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Ima Amaliah Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Islam Bandung
Keywords: Minat, TAM, E-Commerce

Abstract

Abstract. Per capita income increases every year and affects the level of demand. especially in online requests with various convenience facilities contained therein. With the rapid development of e-commerce, more and more businesses are using various e-commerce platforms to market their products. This study aims to answer how much and how much influence TAM has on the interest of the people of Bandung City in shopping for fashion products at e-commerce shopee. The research method used in this research is descriptive quantitative, this study uses the Technology Acceptance Model (TAM) approach with the aim of analyzing the interest of the people of Bandung City in shopping for fashion products on the Shopee e-commerce platform. based on the T test that has been done, testing the third hypothesis, namely the attitude of system acceptance (H3) is known to have an influence on interest (Y). Technology Acceptance Model (TAM) in the form of interface design variables (X1), system ease (X2), and system usage behavior (X4) are not significant to interest (Y). From the results of testing the research hypothesis there is no positive and significant effect partially between the TAM variable on the Bandung City buying interest in shopping for fashion products at e-commerce shopee. This means that the easy features found on the Shopee e-commerce platform do not affect the number of consumers who use Shopee to shop..

Abstrak. Pendapatan perkapita setiap tahunnya mengalami peningkatan dan mempengaruhi tingkat permintaan. khususnya dalam permintaan online dengan berbagai fasilitas kemudahan yang terdapat didalamnya. Dengan berkembangnya e-commerce yang semakin pesat, maka semakin banyak pebisnis yang menggunakan berbagai platform e-commerce untuk memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana dan berapa besar pengaruh TAM terhadap minat masyarakat Kota Bandung dalam berbelanja produk fashion di e-commerce shopee. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif, penelitian ini menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dengan tujuan untuk menganalisis minat masyarakat Kota Bandung dalam berbelanja produk fashion pada platform e-commerce Shopee. berdasarkan uji T yang telah dilakukan, pengujian hipotesis ketiga yaitu sikap penerimaan sistem (H3) diketahui terdapat pengaruh terhadap minat (Y). Technology Acceptance Model (TAM) yang berupa variabel desain antarmuka (X1), kemudahan sistem (X2), dan perilaku penggunaan sistem (X4) tidak signifikan terhadap minat (Y). Dari hasil pengujian hipotesis penelitian tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara variabel TAM terhadap Minat beli masyarakat Kota Bandung dalam berbelanja produk fashion di e-commerce shopee. Artinya, adanya fitur-fitur mudah yang terdapat pada platform e-commerce shopee tidak berpengaruh akan banyaknya konsumen yang menggunakan shopee untuk berbelanja.

Published
2023-01-31