Pengaruh Nilai-Nilai Islam dan Faktor Ekonomi terhadap Preferensi Nasabah Bank Syariah Indonesia Knator Cabang Bandung Citarum

  • Nabilla Dezi Fitriana Ekonomi dan Bisnis, Ekonomi Pembangunan
  • Westi Riani Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Preferensi Nasabah, Nilai-Nilai Islam, Faktor Ekonomi

Abstract

Abstract. The number of studies and publications related to the principles and practices of Islamic economics is a sign that the Islamic economy in Indonesia is growing rapidly. Currently in Indonesia, there are more and more sharia-based financial institutions. Islamic banks prioritize services using sharia principles, which function as an intermediary institution, namely collecting funds from the public and channeling funds back to the community. This study aims to determine how the influence and how much influence Islamic Values and Economic Factors on Islamic Bank Customer Preferences. The method used in this research is descriptive quantitative. The source of data used in this study is primary data. The data collection technique is distributing questionnaires to 100 respondents with a total of 32 statements. The statistical technique used in the data analysis is the multiple regression method with the SPSS version 26 application. The results show that Islamic Values and Economic Factors have a significant positive effect on Islamic Bank Customer Preferences. Based on the research results, Islamic values have a coefficient value of 0.355 or 35.5% while Economic Factors has a coefficient value of 0.448 or 44.8%.

Abstrak. Banyaknya kajian dan publikasi terkait prinsip-prinsip maupun praktek-praktek ekonomi syariah menjadi tanda bahwa ekonomi Islam di Indonesia berkembang pesat. Saat ini di Indonesia semakin banyak lembaga-lembaga keuangan berbasis syariah. Bank syariah mengedepankan jasa dengan menggunakan prinsip syariah, yang dimana berfungsi sebagai suatu lembaga intermediasi, yaitu menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan seberapa besar pengaruh Nilai-Nilai Islam dan Faktor Ekonomi terhadap Preferensi Nasabah Bank Syariah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer. Teknik pengumpulan data yaitu penyebaran kuesioner pada 100 responden dengan jumlah 32 pernyataan. Teknik statistik yang digunakan dalam analisis data adalah metode regresi berganda dengan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa Nilai-Nilai Islam dan Faktor Ekonomi berpengaruh positif signifikan terhadap Preferensi Nasabah Bank Syariah. Berdasarkan hasil penelitian, Nilai-nilai Islam memiliki nilai koefisien sebesar 0,355 atau 35,5% sedangkan Faktor Ekonomi memiliki nilai koefisien sebesar 0,448 atau 44,8%.

Published
2022-08-06