Strategi Pengembangan Pemasaran Produk Tabungan Tandamata My First pada Bank BJB Cabang Tamansari

  • Nadia Nur Windari Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung, Indonesia.
Keywords: SWOT, Tabungan Anak, Fintech

Abstract

Abstract. The number of Tandamata My First savings consumers registered at Bank BJB Tamansari Branch has decreased compared to the number of BTN Junior savings consumers. This happens because of several factors, one of which is fintech. This condition can be a threat to Bank BJB Tamansari Branch which does not yet have superior fintech facilities. This research tries to develop the right marketing development strategy for Bank BJB Tamansari Branch by using SWOT to increase the interest of the number of customers of Tandamata My First savings products at Bank BJB Tamansari Branch. This research uses qualitative research methods with a descriptive approach based on literature studies, interviews, and questionnaires through Google Form. The informant population from this study consisted of 3 customer service, and customers who owned Tandamata My First savings accounts at Bank BJB Tamansari Branch. The sampling techniques used were purposive sampling and snowball sampling methods with a sample of 67 community respondents who used the Tandamata My First savings product whose preferences or opinions were measured using the Likert Scale, and processed into a SWOT analysis. The results of the analysis that have been carried out conclude that Bank BJB Tamansari Branch has an internal strength of 57 and an external factor of 96 which means that it is in the position of quadrant I (positive) where the company has strength and must further develop a marketing strategy that supports aggressive growth policies (growth oriented strategy). The right aggressive strategy for Bank BJB in marketing Tandamata My First savings products is by implementing the concept strategy of segmenting, targeting, and positioning. 

Abstrak. Jumlah konsumen tabungan Tandamata My First yang terdaftar pada Bank BJB Cabang Tamansari mengalami penurunan dibandingkan dengan jumlah konsumen tabungan BTN Junior. Hal ini terjadi karena beberapa faktor salah satunya fintech. Kondisi ini dapat menjadi ancaman bagi Bank BJB Cabang Tamansari yang belum memiliki fasilitas fintech yang unggul. Penelitian ini mencoba untuk menyusun strategi pengembangan pemasaran yang tepat bagi Bank BJB Cabang Tamansari dengan menggunakan SWOT untuk meningkatkan ketertarikan jumlah nasabah produk tabungan Tandamata My First pada Bank BJB Cabang Tamansari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif berdasarkan studi kepustakaan, wawancara, dan kuisioner melalui Google Form. Populasi informan dari penelitian ini terdiri dari 3 customer service, dan nasabah pemilik rekening tabungan Tandamata My First pada Bank BJB Cabang Tamansari. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dan snowball sampling dengan sampel sebanyak 67 responden masyarakat yang menggunakan produk tabungan Tandamata My First yang preferensi atau pendapat nya diukur menggunakan Skala Likert, dan diolah ke dalam analisis SWOT. Hasil dari analisis yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa Bank BJB Cabang Tamansari memiliki kekuatan internal sebesar 57 dan faktor eksternal 96 yang artinya berada pada posisi kuadran I  (positif) dimana perusahaan memiliki kekuatan serta harus lebih mengembangkan strategi pemasaran yang mendukung kebijakan pertumbuhan secara agresif (growth oriented strategy). Strategi agresif yang tepat bagi Bank BJB dalam memasarkan produk tabungan Tandamata My First yakni dengan menerapkan strategi konsep segmenting, targeting, dan positioning

References

A. Shimp T. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. 5th ed. Jakarta: Erlangga; 2000.

Anastasia Makalew, G., L. Mananeke, L., & N. Tawas, H. (2016). Analisis Pengaruh Reputasi Merek, Kualitas Layanan, dan Loyalitas Nasabah

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Depok, 2017.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Depok, 2017.

Djaslim S. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya; 2003

Hilmiatus Sahla, Muhammad Sayuti, Ricky Syahputra, A. (2019). Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Pionir LPPM, 5(2), 57– 61.https://doi.org/10.19184/bisma.v14i1.17088.

Indriani, R., Lestari, M. A., & Yusuf, R. (2021). Strategi Marketing Produk Tabungan Bank BJB Dalam Meningkatkan Customer Experience. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 5(2), 146 – 151.

Kotler P. Manajemen Pemasaran [Internet]. Jakarta: Indeks; 2005. Available from: https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=618936

Pradana., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (1945). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185.

Ramadhani, S. S., Silviani, A., Rahman, A., & Asy, H. (2022). Investment in Education as Development Human Resources at Madrasah Aliyah Negeri. 10(2), 331–339.

Rahayu, Y., Amaliah, I. and Riani, W., 2016. Faktor-faktor yang Menentukan Preferensi Masyarakat Kota Bandung dalam Menggunakan Akad Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah di Lembaga Keuangan Syariah. Prosiding Ilmu Ekonomi, 2(1), pp.1-5.

Rahmawati, Y. D., Yuliana, R., Tinggi, S., Bank, I. E., & Jateng, B. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Pada Mahasiswa Stie Bank Bpd Jateng. Econbank, 2(2), 157–168.

Rangkuti, Freddy. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta, 2021.

Saragih, F. (2020). Pengelolaan Keuangan Melalui Menabung Pada Anak Usia Dini Di Desa Binjai Bakung Kabupaten Deli Serdang. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 3(1), 14–20. https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i1.4236.

Sari, I. P., Umayah, F. L., & Prihartono, P. (2022). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Membuka Tabungan Tandamata Di Bank BJB KCP Kopo Sayati Kabupaten Bandung. Management Studies and …, 3(October),3108–3117.

Siregar, E. F. S., Sembiring, M., & Nasution, I. S. (2020). Pendampingan Mendesain Tabungan Sederhana Sebagai Solusi Kesadaran Menabung Bagi Anak Usia Sekolah Dasar di Deli Serdang. Jurnal Abdidas, 1(4), 234–241. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i4.50.

Azkia Rahma Pradinda, and Nurfahmiyati. 2023. “Pengaruh Label Halal Dan Tingkat Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik Pixy.” Jurnal Riset Ilmu Ekonomi dan Bisnis: 101–10. doi:10.29313/jrieb.v3i2.2857.

Novi Ariani, and Ima Amaliah. 2023. “Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi, Dan Nilai Tukar Terhadap Neraca Perdagangan Indonesia-China.” Jurnal Riset Ilmu Ekonomi dan Bisnis: 75–84. doi:10.29313/jrieb.v3i2.2882.

Published
2024-02-07