Persepsi Orang Tua Mengenai Pembelajaran Calistung di Kelompok B PAUD Kasih Ibu

  • Sulastri PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Enoh PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Arif Hakim PGPAUD, Universitas Islam Bandung

Abstract

Abstract.

This research is motivated by how parents perceive calistung learning in group B at Kasih Ibu PAUD. The questions to be answered from this research are: How is the application of calistung learning in PAUD Kasih Ibu and how are the results of learning calistung in group B PAUD Kasih Ibu related to parents' perceptions.

The method used is a qualitative method with a type of phenomenological method. Researchers obtain data using observation, interviews and documentation. The stages of analyzing data by reducing data, presenting data and drawing conclusions. In checking the validity of data using triangulation techniques, namely, triangulation of data sources and methods. The results of this study are: (1) Many parents' perceptions of calistung learning in PAUD Kasih Ibu consider that calistung learning is very appropriate for early childhood, because at an early age children absorb everything more easily, with calistung learning parents think children read, write and count faster to prepare children to enter elementary school (SD). (2) The results of learning calistung in group B1 early childhood love mothers are associated with parents' perceptions that there are several aspects of ability in learning calistung, namely reading ability, writing ability and arithmetic ability. of the three abilities, the results are consistent with the fact that all children are able to read, write and count.

Keywords: parents' perceptions, calistung learning

Abstrak. Penelitian ini dilator belakangi oleh bagaimana persepsi orang tua terhadap pembelajaran calistung pada kelompok B di PAUD Kasih Ibu. Pertanyaan yang ingin dijawab dari penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan pembelajaran calistung di PAUD Kasih Ibu dan bagaimana hasil pembelajaran calistung di kelompok B PAUD Kasih Ibu terkait dengan persepsi orang tua.

Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis metode fenomenologis. Peneliti memperoleh data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan menganalisis data dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dalam pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan metode. Hasil penelitian ini adalah: (1) Banyak persepsi orang tua terhadap pembelajaran calistung di PAUD Kasih Ibu menganggap bahwa pembelajaran calistung sangat tepat untuk anak usia dini, karena pada usia dini anak lebih mudah menyerap segala sesuatu, dengan pembelajaran calistung orang tua menganggap anak membaca , menulis dan berhitung lebih cepat untuk mempersiapkan anak masuk sekolah dasar (SD). (2) Hasil pembelajaran calistung pada kelompok B1 ibu-ibu cinta usia dini dikaitkan dengan persepsi orang tua bahwa ada beberapa aspek kemampuan dalam pembelajaran calistung yaitu kemampuan membaca, kemampuan menulis dan kemampuan berhitung. dari ketiga kemampuan tersebut, hasilnya sesuai dengan kenyataan bahwa semua anak mampu membaca, menulis dan berhitung.

 

Kata kunci: persepsi orang tua, pembelajaran calistung

References

Ali, M., dkk. 2010. Penelitian Pendidikan (Prosedur dan strategi). Angkasa,

Bandung

Amitya, K., dkk. 2014. Kesulitan Berbahasa Pada Anak: Deteksi Dini dan

penanganannya. Kansius, Yogyakarta

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.

Rineka Cipta, Jakarta.

ASIAH, N. (2018). PEMBELAJARAN CALISTUNG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN UJIAN MASUK CALISTUNG SEKOLAH DASAR DI BANDAR LAMPUNG. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 19. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2746

Asfarina, H. 2014. Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Desa Sesela Kabupaten Lombok Barat. Skripsi (dierbitkan). Lombok : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. FIP IKIP, Mataram

Effendi, Irfan. 2013. Persepsi Lingkungan Kerja, Prokratinasi Kerja PT.Solo Murni Kiki Surakarta (Tesis). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Fahimah, Iin. 209. Kewajiban Orang Tua Terhadap anak dalam Perspektif Islam. Jurnal Hawa: ol.1 No. 2

Farida, R. 2008. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Bumi Aksara, Jakarta

Firmanawaty,S. 2004. Tiga Langkah Praktis Mejadikan Anak Maniak Membaca. Puspa Swara, Jakarta.

Hamzah, B. U. 200. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Bumi Aksara, Jakarta.

Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Hidayat, H. 2003. Aktivitas Mengajar Anak TK. Kataris, Bandung.

Igrea, S. dan Sri, L. 2012. Panduan bagi Guru dan Orang Tua: Pembelajaran Atraktif dan 100 Permainan Kreatif untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Andi, Yogyakarta.

Istiyani, D. 2013. Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung) Pada Anak Usia Dini di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Penelitian, X (1)

Mansyur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Marlisa, L. 2016. Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 1: 25-38

Moleong, Lexy. M.A. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi revisi Bandung Remaja Rosda Karya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Permen Nomor 58. 2009. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini.

Santrock, J. W. 2013. Perkembangan Anak, Edisi Kesebelas Jilid 1, Terj., Mila Rahmawati dan Anna Kuswanti. Erlangga, Jakarta.

Sobur, A. 2003. Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Pustaka Setia, Bandung.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Sobur, A. dan Mulana, D. M.A (2020). Filsafat Komunikasi. Edisi revisi Bandung Remaja Rosda Karya.

Solikhah, R.N. 2014. Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Di Desa Tawang Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Walgito, B. 2004. Pengantar Psikologi. Andi Offset, Yogyakarta.

https://quran.com/id/segumpal-darah/1-5

https://quran.com/id/6?startingVerse=96

Published
2023-08-08