Peran Lingkungan terhadap Kesantunan Berbahasa Anak Usia 4 - 5 Tahun

  • Shinta Mellani Salsabila PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Erhamwilda PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Dinar Nur Inten PGPAUD, Universitas Islam Bandung
Keywords: Bad Language, Role of The Environment, Berbahasa Kasar, Peran Lingkungan

Abstract

Abstract. The spoken language used by humans, including children, to communicate is called speaking. Because in this way the family environment has a very important role in cultivating national character for children and the younger generation. Basically, the environment is very influential on the development of children's behavior, one of which is the ability to speak politely. Research ”The Role of the Environment on Language Politeness in Children Aged 4-5 Years”  Research entitled “The role of the environment on language politeness in children aged 4-5 years” was conducted using interview guide techniques, observation guidelines and documentation. Based on the observations that the researchers found, harsh words that children often utter are not only factors from the community environment, but from how parents educate children, what series children often watch, and so on. Causes of children using harsh language Consistency in educating and teaching children, researchers found factors that cause children to speak rudely where parents are not consistent in educating and teaching children.

Abstrak. bahasa lisan yang digunakan oleh manusia termasuk anak-anak untuk berkomunikasi disebut dengan bicara. Sebab dengan cara ini lingkungan keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam pembudayaan karakter bangsa bagi anak dan generasi muda. Pada dasarnya lingkungan sangat berpegaruh terhadap perkembangan perilaku anak salah satunya kemampuan berbahasa santun. Penelitian Peran Lingkungan Terhadap Kesantunan Berbahasa pada Anak Usia 4-5 Tahun» Penelitian dengan judul Peran lingkungan terhadap kesantunan berbahasa anak usia 4-5 tahun dilakukan dengan menggunakan teknik pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti temukan, kata kasar yang sering diucapkan anak bukan hanya faktor dari lingkungan masyarakat saja, melainkan dari bagaimana cara orang tua dalam mendidik anak, serial apa saja yang sering anak tonton, dan lainnya. Penyebab anak berbahasa kasar Konsistensi dalam mendidik dan mengajar anak-anak, peneliti menemukan faktor penyebab anak berbahasa kasar yang dimana orang tua tidak konsisten dalam mendidik dan mengajar anak. 

References

Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa Abstrak. 5(1), 150–157. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319

Dasopang, M. A., & Montessori, M. (2018). Pengaruh Lingkungan dan Kebiasaan Orangtua Terhadap Perilaku dan Sikap Moral Anak. 1(2), 98–107.

Fitriani, D., Suyati, T., & Setiawan, A. (2022). Faktor Penyebab Perilaku Menyimpang Berbicara Kasar Pada Anak Di Dusun Jatimontong Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung. 05, 16–24.

Hadlori, M. A., Abdullah, S., Saket, S., & Tsauri, S. S. (2020). Pendidikan Anak dalam Perspektif Al- Qur ’ an Al -Karim ( Tinjauan Q . S . Al-Baqarah : 83 Dalam Tafsī r Taisir Karī m Ar- Rahman fī Tafsī r Kalam Al-Mannan ) Muhamad Abid Hadlori ِ ش Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia ( yang berhak. 2(1), 18–36.

Imam Tabroni, & Juliani, A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membina Akhlak Anak Pada Masa Pandemi Di Rt 64 Gang Mawar Iv Purwakarta. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.55606/inovasi.v1i1.172

Nirmala, I., Muqdamien, B., & Koresponden, P. (2020). Kajian literatur pengasuhan anak usia dini dalam islam. 4(1), 57–66.

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206

Tampan, K., Kabupaten, A., Talaud, K., Lumintang, J., & Paat, C. J. (2020). Vol. 13 No. 3 / Juli – September 2020. 13(3), 1–16.

Zamzami, G., Yudha, C. B., & Ulfa, M. (2021). Peran Lingkungan Sosial Pada Perilaku Berbicara Kasar Anak. 353–361.

Published
2023-08-08