Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Pagelaran Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung

  • Panca Indah Agistiana PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Enoh PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Huriah Rachmah PGPAUD, Universitas Islam Bandung
Keywords: Emotional Intellegence of Early Childhood, The Role of Parents, Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini, Peran Orang Tua

Abstract

Abstract. Emotional intelligence is something that parents need to pay attention to because it affects children's development. This study aims to determine the emotional intelligence of children in Pembina Pagelaran Public Kindergarten, Pringsewu Regency, Lampung Province. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. Data was collected through interviews with parents of class A1 children at Pembina Pagelaran Public Kindergarten, Pringsewu Regency, Lampung Province, and direct observation in the school environment and using documentation. Data analysis follows the procedure of data collection, data reduction, data presentation, conclusion, and verification. Based on these results it is stated that emotional intelligence is still in the BB category (Not Developed), then the role of parents in developing children's emotional intelligence in Pembina Pagelaran Public Kindergarten, Pringsewu Regency, Lampung Province has been carried out properly, namely parents will advise, entertain children, forgive each other, share, and express gratitude to others. Parents already understand that actually parents have an empathetic role in helping the growth and development of children.

Abstrak. Kecerdasan emosional merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua sebab hal ini berpengaruh terhadap perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional anak di TK Negeri Pembina Pagelaran Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan orang tua anak kelas A1 di TK Negeri Pembina Pagelaran Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung, dan observasi langsung dilingkungan sekolah serta menggunakan dokumentasi. Analisis data mengikuti prosedur pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan verfikasi. Berdasarkan hasil ini menyatakan bahwa kecerdasan emosional masih pada kategori BB (Belum Berkembang), kemudian peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak di TK Negeri Pembina Pagelaran Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung sudah dilaksanakan dengan baik , yaitu orang tua akan menasehati, membiasakan anak saling memaafkan saling berbagi, dan mengucapkan terimakasih kepada orang lain. Orang tua sudah memhami bahwa sebenarnya orang tua memiliki empati peranan dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak anak.

References

Desmita. (2018). Psikologi Perkembangan. PT. Remaja Rosdakarya.
Goleman. (2016, Juli 27). Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional (Alih Bahasa: T.
Hermaya ). PT. Gramedia Pustaka Utama. Susilowati, R. (2018). KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI. Jurnal Inovasi Pendidikan
Guru Raudhatul Athfal, 147.
Ernadewita, Fadil Maiseptian, Elsa Vianis. 2019. “PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL
ANAK USIA PRASEKOLAH.” Sumatera Barat.
Hardani. Ustiawaty, J. Andriani H. 2017. Buku Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif.
Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.
Muali, Chusnul, and Sulis Fatmawati. 2022. “PERAN ORANG TUA MENINGKATKAN
KECERDASAN EMOSIONAL ANAK ; ANALISIS FAKTOR DAN STRATEGI DALAM PERSPEKTIF
ISLAM.” Fitrah: Journal of Islamic Education 3 (2): 85–100.
Retno Susilowati. 2018. “KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI.” ThufuLA: Jurnal Inovasi
Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 8 (1): 147.
Rusli, Nur Fadhilatul Khairan, and Mirawati. 2022. “Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan
Kecerdasan Emosional Anak.” EDUCATUM: JURNAL ILMU PENDIDIKAN 1 (1): 38–95.
https://doi.org/10.24042/kons.v1i1.311.
Sahara, Anis, Rahmat Hidayat, and Eca Gesang Mentari. 2023. “PERAN ORANGTUA DALAM
MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI.” Jurnal An-Nur: Kajian
Pendidikan Dan Ilmu Keislaman 9 (1): 1–23
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tusyana, E., Trengginas, R. 2020. “UPAYA ORANG TUA MENGEMBANGKAN KECERDASAN
EMOSIONAL ANAK DALAM KELUARGA MUSLIM DI PERKAMPUNGAN KODAM I/BB MEDAN
SUNGGAL.” Jurnal Inventa 9 (2): 3–4.
Wahyuni, Wahyuni, and Harun Al Rasyid. 2022. “Pengaruh Pembiasaan, Kecerdasan Emosional
Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak
Usia Dini 6 (4): 3034–49. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2301.
Yuliasari, A. L., & Lestari, D. L. 2021. “Peran Ibu Yang Bekerja Dalam Mengelola Emosi Anak
Usia Dini.” J+plus Unesa, 10 (2): 12–25. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurna%0Alpendidikan-luarsekolah43091.%0D
Published
2023-08-08