Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Menggunakan Loose Parts Usia 5 - 6 Tahun di PAUD Melati Kelurahan Kebon Pisang Kecamatan Sumur Bandung Kota Bandung

  • Lindawati Puspito Riyanto PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Ayi Sobarna PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Arif Hakim PGPAUD, Universitas Islam Bandung
Keywords: Loose Part, Children's Creativity, Kreativitas Anak

Abstract

Abstract. Loose part is one of the media that can be used in learning activities. This study aims to determine the extent to which the use of loose parts increases the creativity of children aged 5-6 years in Early Childhood Education, Kebon Pisang Village, Sumur Bandung District, so that learning activities are not monotonous using LKA and children do not just follow what the teacher exemplifies. The research uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques carried out during the research are observation, interview and documentation techniques. The results of this study indicate that the use of loose parts in Early Childhood Education Melati, Kebon Pisang Village, Sumur Bandung District, in increasing children's creativity has been carried out quite well through the preparation and steps of using loose parts media carried out by the teacher through 3 stages, namely exploration, experimentation and creativity. The results obtained were an increase from Pra-cycle, Cycle I, Cycle II and then Cycle III which started in the pre-cycle where there was one child in the exploratory stage while in cycle III there were four children in the creative stage as seen from the calculation of the percentage results.

Abstrak. Loose part merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan loose part dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di Paud Melati Kelurahan Kebon Pisang Kecamatan Sumur Bandung sehingga kegiatan pembelajaran tidak monoton menggunakan LKA dan anak tidak mengikuti apa yang dicontohkan guru saja. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data yang dilakukan saat penelitian adalah tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan loose parts di  Paud Melati Kelurahan Kebon Pisang Kecamatan Sumur Bandung dalam meningkatkan kreativitas anak  sudah  dilaksanakan  dengan  cukup baik melalui persiapan dan langkah penggunaan media loose parts yang dilakukan oleh guru melalui 3 tahapanyaitu eksplorasi, eksperimen dan kreatif. Hasil yang di dapatkan terjadi peningkatan dari Prasiklus, Siklus I, Siklus II lalu Siklus III yang berawal pada prasiklus ada satu orang anak dalam tahap  eksplorasi ketika di siklus III ada empat anak dalam tahap kreatif terlihat dari perhitungan hasil persentase.

References

Yuliati Siantajani, Loose Parts: Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD, (Semarang: Sarang Seratus Aksara, 2020)
[2] Novi Mulyani, Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019)
[3] Safitri, D., & Lestariningrum, A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40-52. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3645
[4] Azizah, S. N., Munawar, M., & Ds, A. C. (2020). Analisis Metaphorming Melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia Dini Kelompok B Paud Unggulan Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pemdidikan Anak Usia Dini, 9(1), 57-71.
[5] Kulsum, U. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Loose Parts. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(1), 60-66. https://doi.org/10.33387/cp.v4i1.4046 Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635-1643.
[6] Nurliana, Bachtiar, M. Y., & Ichsan, I. R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bahan Loose Part pada Kelompok B TK Aba Kalosi Kab. Enrekang Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 451-460
[7] Nugraheni, A. D. (2019). Penguatan Pendidikan bagi Generasi Alfa Melalui Pembelajaran STEAM berbasis Loose Parts pada PAUD. Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019 (pp. 512-518). Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
[8] Nurfadilah, Nurmalina, & Amalia, R. (2020). Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan Bahan Loose Part Pada Anak Usia 4-6 Tahun di Bangkinang Kota. Journal on Teacher Education: Research & Learning in Faculty of Education, 2(1), 224–230.
[9] Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran STEAM berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Audi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 5(1), 19-31.
[10] Putri, M. D., Khasanah, I., & Kusumaningtyas, N. (2019). Loose Parts Play Merangsang Kemampuan Main Pembangunan Anak Usia Dini di Era Society 5.0. Semarang: Universitas PGRI Semarang. Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Ahadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. doi:10.18592/alhadharah.v17i33.2374
[11] Siskawati, & Herawati. (2021). Efektivitas Media Loose Parts di PAUD Kelompok A Pada Masa Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 15(1), 41- 47. doi:10.32832/jpls.v15i1.4629
Published
2023-08-07