Pemanfaatan Balok Membangun dalam Rangka Optimalisasi Motorik Halus Anak

Studi Deskriptif di TK Cahaya Indonesia

  • Febriansyah PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Masnipal Marhun PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Arif Hakim PGPAUD, Universitas Islam Bandung
Keywords: Utilization of Building Blocks, Fine Motor, Kindergarten, Pemanfaatan Balok membangun, Motorik Halus, Taman Kanak-Kanak

Abstract

Abstract. Building blocks are one of the media that focuses on children's fine motor skills to provide a stimulus for the muscles in the children's fingers so that they are more optimal, to get optimal results, a more sustainable stimulus is needed, one of which is by utilizing building blocks games to optimize children's fine motor skills To do this, good facilities or institutions are needed, one of which is a Kindergarten. With this research, researchers will examine the use of building blocks in the context of optimizing the fine motor skills of children in Kindergarten in Cahaya Indonesia including planning, implementing, and knowing the results of assessing children's fine motor skills through the use of building blocks with the checklist technique. This study aims to find out how the use of building block games in Kindergartens in Cahaya Indonesia. Approaches and methods used in this study using a qualitative approach with descriptive methods.

Abstrak. Balok membangun merupakan salah satu media yang menitik beratkan pada motorik halus anak guna memberikan stimulus otot otot pada jari jemari anak agar semakin optimal, untuk mendapatkan hasil optimal maka dibutuhkan stimulus yang lebih dan bekelanjutan salah satunya dengan memanfaatkan permainan balok membangun dalam rangka mengoptimalisasi motorik halus anak, untuk melaksanakan hal itu dibutuhkan sarana atau wadah yang baik salah satunya Taman Kanak kanak. Dengan adanya penelitian ini maka peneliti akan mengkaji tentang pemanfaatan balok membangun dalam rangka optimalisasi motorik halus anak di TK Cahaya indonesia meliputi, perencanaan, pelaksanaan, dan mengentahui hasil penilaian motorik halus anak melalui pemanfaatan balok membangun dengan teknik ceklis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan permainan balok membangun di TK Cahaya Indonesia. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.

References

Bambang, Y. N. (2010). Bermain Aktif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : PT. Index.

Hasan. (2009). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: DIVA Press.

Masnipal. (2008). Mdel Pengembangan Kreativitas Melalui Permainan Konstruktif Dalam Proses Pendidikan Anak Usia Dini, . Bandung : Tidak diterbitkan .

Masnipal. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. Bandung . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak . Jakarta : PT. Erlangga.

Sumantri, M. (2005). Model Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Published
2023-08-06