Strategi Guru dalam Pengenalan Geometri di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Jatiwangi

  • De’ Vivi Alvioni Maulidini PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Masnipal Marhun PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Dewi Mulyani PGPAUD, Universitas Islam Bandung
Keywords: Learning Strategies, Recognition of Geometric Shapes, Early Childhood, Strategi Pembelajaran, Pengenalan Geometri, Anak Usia Dini

Abstract

Abstract. The importance of introducing geometry to early childhood is the first step to understanding concepts that children will master in cognitive development. Through the initial concept of introducing geometry, it will have an impact on the learning experience of children so that it will support mathematical concepts at the next level. Introducing geometric shapes well will improve their cognitive abilities, besides that, children will be able to think mathematically logically and children will be able to understand simple concepts in everyday life. in this study used a qualitative approach with descriptive methods using triangulation data collection techniques or combining several techniques, namely, interviews, questionnaires, documentation and observation. The research was conducted to find out about teacher strategies in introducing geometry to early childhood. Based on the research results, in lesson planning, teachers will make annual programs, semester programs, weekly learning implementation plans and daily weekly implementation plans. The material is in accordance with the basic competence and developmental level of the child. The method is carried out by packaging learning and using various methods. Solutions to further improve strategies in learning geometry recognition for early childhood are (1) the need for the use of a variety of media (2) the form of teaching and learning activities places more emphasis on child-centered (student center).

Abstrak. Pentingnya mengenalkan geometri pada anak usia dini merupakan langkah awal untuk memahami konsep yang akan dikuasai anak dalam pengembangan kognitif. Melalui konsep awal dalam pengenalan geometri ini akan berdampak pada pengalaman belajar pada anak sehingga akan menunjang konsep matematika di tingkat selanjutnya. Mengenalkan bentuk geometri dengan baik akan meningkatkan kemampuan kognitifnya, selain itu, anak akan mampu berpikir matematis logis dan anak akan mampu memahami konsep sederhana di kehidupan sehari-hari. pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data triangulasi atau menggabungkan beberapa teknik yaitu, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan observasi. Penelitian dilakukan untuk mengetahui terkait strategi guru dalam pengenalan geometri anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian, pada perencanaan pembelajaran, guru akan membuat program tahunan, program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan dan rencana pelaksanaan mingguan harian. Materi sesuai dengan kompetensi dasar dan tingkat perkembangan anak. Metode yang dilakukan dengan mengemas pembelajaran dan menggunakan metode bervariasi. Solusi untuk lebih meningkatkan strategi dalam pembelajaran pengenalan geometri anak usia dini adalah (1) perlu adanya penggunaan media yang bervariasi (2) bentuk kegiatan belajar mengajar lebih menekankan untuk berpusat pada anak (student center).

References

Atmaja, J. R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Geometri Melalui Permainan Dakon pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 1(2), 1-11.

Burga, M. A. (2019). Hakikat Manusia sebagai Makhluk Pedagogik. Al-Musannif, 1(1), 19-31.

Dengah, J., Kumaat, J., & Kohoki, F. (2021). Menigkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Kegiatan Belajar Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Dakon Pada Anak Kelompok B TK Gmim Eben Haezer Kakaskasen Tiga. KIDSPEDIA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-5.

Dewi, E. Y. (2019). Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Balok Anak Usia Dini. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(1), 32-45.

Fitriana, S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Klasikal dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK PERTIWI 1 Kota Bengkulu Tahun 2022. Seulanga, 3(2), 1-8.

Fitriyah, Umari, T., & Puspitasari, E. (2019). Improving The Ability To Know Shape Geometry Children Ages 3-4 Years Through The Game Box Geometri KB Shoots In Tunas Bangsa Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Generasi Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini , 2(2), 116-124.

Hidayati, I. (2020). Pengenalan Bentuk Geometri Melalui Penerapan Media Pasir Kinetik untuk Anak Usia 2-3 Tahun di PPT Mawar 01 Ar-Rachman Surabaya. MOTORIC (Media of Teaching Oriented and Children), 4(1), 100-109.

Indarwarti, A. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Melalui Beberapa Metode. Psycho Idea, 15(2), 109-118.

Junanto, S., & Kusna, N. A. (2018 ). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP) . Inklusi , 5(2), 179-194.

Khadijah, & Amelia, N. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini . Jakarta: Kencana.

Khomsoh, R., & Gregorius, J. (2013). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 1(2), 1-11.

Masnipal. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Masruroh. (2019). Peningkatan Perkembagan Kognitif Melalui Permainan Balok Geometri Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT Mawar 01 Ar-Rachman Surabaya. Jurnal Motoric (Media of Teaching Oriented and Children), 3(2), 55-64.

Nungki Anditiasari, Nuriana Rachmani Dewi. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun di Brebes. MATHLINE, 97-108.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 3(1), 171-187.

Pangastuti, R. (2019). Media Puzzle untuk Mengenal Bentuk Geometri . JECED: Journal of Early Childhood Education Development, 1(1), 50-60.

Rachmat, N. A., & Sumiati, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Harta Karun. Metodik Didaktik, 11(1), 71-82.

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2019). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rahmawati, N. S. (2017). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Bentuk Geometri Melalui Media Kotak Raba Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita 1 Darungan Kecamatan Pare. Simki-Pedagogia, 1(12), 1-9.

Ridwan, T., Hidayat, E., & Abidin, Z. (2020). Edugames N-Ram untuk Pembelajaran Geometri pada Anak Usia Dini. Jurnal TEKNOINFO, 2, 89-94.

Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48-53.

Sum, T. A., & Taran, E. G. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran . Jurnal Obsesi, 4(2), 543-550.

Widariyati, Syukri, M., & Halida. (2018). Pengenalan Bentuk Geometri dalam Pembelajaran Melalui Permainan Puzzle pada Anak usia 3-4 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 1-12.

Published
2023-08-06