Program Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini

Studi Deskriptif di Taman Kanak-Kanak Assalam Kota Bandung

  • Ghina Fauziah PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Asep Dudi PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Nurul Afrianti PGPAUD, Universitas Islam Bandung
Keywords: Emotional Intelligence, Parenting Methods, Implementation, Pendidikan Seks, Peran Guru, Anak

Abstract

Abstract. This article will explain about the Sex Education Program in Assalaam Kindergarten. Cases of crime and sexual deviation always occur every year. This is due to the lack of attention from the community, teachers and government regarding sex education for early childhood. Therefore, this study aims to determine the teacher's strategy in implementing sex education in Assalaam Kindergarten. This study used qualitative research methods. The results of this study indicate that the sex education program is divided into 2, namely integrated activities (inside the learning material) and special activities (outside the material). Sex education included in the learning material is when the theme I am special. Materials given to children include the names of body parts, procedures for dressing, procedures for washing, how to behave with strangers. As for sex education outside of learning materials, namely the separation of toilets, separation of beds, separation of associations, training children to wear Muslim clothes, health counseling, exemplary and parenting for children's parents. This research can be a source of ideas for educators in implementing sex education programs for early childhood, besides that it can open up avenues of thought for further research.

Abstrak. Tulisan  ini  akan  menjelaskan  tentang  Program Pendidikan  Seks  di  Taman Kanak-Kanak Assalaam.  Kasus  kejahatan dan penyimpangan seksual selalu terjadi di setiap tahun. Hal ini dikarenakan kurangnya perhatian masyarakat, guru dan pemerintah mengenai pendidikan seks untuk anak usia dini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan  untuk  mengetahui  strategi  guru  dalam  menerapkan  pendidikan  seks  di  Taman Kanak-kanak Assalaam.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  penelitian  kualitatif.  Hasil  dari  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  program pendidikan  seks  dibagi  menjadi  2,  yaitu  kegiatan terintegrasi (di dalam  materi  pembelajaran) dan kegiatan khusus (di luar materi). Pendidikan seks yang masuk dalam materi pembelajaran yaitu ketika tema aku istimewa. Materi yang diberikan pada anak antara lain nama-nama anggota badan, tata cara berpakaian, tata cara bersuci, bagaimana bersikap pada orang asing. Adapun pendidikan seks di luar materi pembelajaran yaitu pemisahan toilet, pemisahan tempat tidur, pemisahan pergaulan, melatih anak  untuk  memakai  baju  muslim,  penyuluhan  kesehatan,  keteladanan  serta  parenting  untuk  orang tua anak. Penelitian ini dapat menjadi sumbang pemikiran kepada pendidik dalam mengimplementasikan program pendidikan seks untuk anak usia dini, selain itu dapat membuka jalan pemikiran untuk penelitian lanjutan.

References

Ganesha Law Review, IV(1), 45-53.

Akbar, M. I. (2022). Keterlibatan orangtua dalam memberikan pendidikan seks pada anak usia dini di kelurahan pattingalloang baru kecamatan ujung tanah kota makassar. Pinisi journal of education, 1-10. Diambil kembali dari http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22985

Alfachrin, P. A., Syafrin, N., & Rahman, I. K. (2023). Penyebaran paham feminisme di media sosial instagram: studi kasus instagram @indonesiafeminis. Journal of Communication and Islamic Broadcasting, III(1), 90-115.

Alucyana, Raihana, & Utami, D. T. (2020). Urgeni pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, VI, 71-86. Diambil kembali dari www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady

Andrian, M. A. (t.thn.). Teori psikoseksual dan psikososial.

Antoni, H., Prihatini, Lilik, Berliana, & Melia. (2022). Sekolah gerakan saya berani solui penghapuan dan pelecehan seksual pada anak di masa pandemi Covid-19. PALAR (Pakuan Law Review ), VIII(1), 136-143. doi:10.33751/palar.v7i2.

Ardiansyah1, Sarinah, Susilawati, & Juanda. (2022). Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud. Jurnal Kependidikan, VII(1), 25-31.

Arpa, D., & Maghfiroh. (2021). Pengaruh Metode Tanya Jawab terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di RA Ibnu Khaldun Pedekik Bengkalis. Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, I(1), 38-46.

Br.Siregar, D. A., & Simanjorang, D. P. (2022). Penanggulangan kekerasan seksual pada anak dalam dunia pendidikan sexual violence of children in education. Seminar nasional hukum, sosial dan ekonomi, 212-221.

Comaria, N. (2021). Pendidikan seks untuk anak usia dini (Vol. IV). Solo: PT Aqwam media profetika.

Datu, A. (2023). Sinergi orang tua dan sekolah dalam pendidikan seksual pada anak terhadap upaya pencegahan kekerasan seksual. Attractive: Innovative Education Journal, V(1), 393-399.

Fatmawati, N., Mappincara, A., & Habibah, S. (2019, October). Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, III(2).

Gerda, M. M., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2022). Efektivitas Aplikasi Sex Kids Education untuk Mengenalkan Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (4), 3613-3628.

Habibi, M. (2019). Analisis kebutuhan anak usia dini (Buku ajar S1 PAUD). Sleman: Deeppublish.

Hadi, I. P. (2020). Penelitian Media Kualitatif (Filosofi Penelitian, Paradigma, Rentang Teori, Langkah-langkah Penelitian Media: Metode Reception Studies, Etnografi, Media/Netnografi, Fenomenologi, Studi Kasus, Analisis Tematik). Depok : PT RajaGrafindo Persada.

Hamidah, F., & Mais, A. (2020, July). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini di POS PAUD Kemuning 56 Mumbulsari Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), III(2), 75-82.

Hani, A. A. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pada PAUD. Jurnal CARE: Children Advisory Research and Education, 52-56.

Ihsan, W., & Thohir, U. F. (2022). LGBT dan Liwātumat Nabi Luth dalam Perspektif Tafsir. FUCOSIS, II, 19-30.

Kholilatur rosydah. (2022, Maret). Telaah teori abraham maslow pada perilaku penyimpangan seksual. Studi kasus lesbian di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, hal. 136. Diambil kembali dari http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10017

Masnipal. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. (A. Kholid, Penyunt.) Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maulia, D., Rakhmawati, D., & Dewanto, F. M. (2021). Kontribusi guru pada pendidikan

Ningsih, E. S., & Hennyati, S. (2018). Kekerasan seksual pada anak di Kabupaten Karawang. Jurnal Bidan "Midwife Journal", IV(2), 56-65.

Nisa, F., Imamah, I., Rozi, A. F., & Mabrur, M. S. (2022). Sex education perspektif Al-Qur’an: tinjauan hermeneutis ma’na cum maghza QS. Al-Nur: 30-31. Jurnal Studi al-Qur’an dan al-Hadis, X(1), 92-114.

Nurasyiah, R., & Atikah, C. (2023, March). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, XVII(1), 75-81.

Rachmawati, D., & Nurhidayah, S. (2020). Pendidikan seksual sejak dini pada anak. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyakat, I(2), 18-22.

Rachmayanti, & Elita. (2022). Penerapan Pembelajaran Adaptif Mengenai Konten Pendidikan Seksual: Studi Fenomenologi. JURNALBASICEDU, 6, 2430-2445.

Rahman, R., & Muliati, I. (2018). Pendidikan seks dalam persefektif islam (analisis teks ayat Al-Qur'an). Islam transformatif: Journal of Islamic Studies, II(2), 205-214.

Rohayati. (2020, Januari 21). Konsepsi pendidikan seks pada anak usia dini menurut persepektif islam. hal. 1-108.

SIMFONI PPA. (2022). kekerasan.kemenpppa.go.id. Diambil kembali dari Kekerasan anak dan perempuan di Indonesia: https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan

SIMFONI-PPA. (2023, January 1). SIMFONI-PPA. Diambil kembali dari kekerasan.kemenpppa.go.id: https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan

Suhasmi, N. C., & Ismet, S. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, V(2), 164-174. doi:10.29408

Suryani, T., Sudirman, & Hasanah, N. (2023). Literature Review: Pengaruh Pendidikan Seksual Orang Tua Pada Anak Usia Dini terhadap kejadian Sexual Abuse. Pena Nursing, I(2), 40-47.

Tyrahma, A. S., Maranatha, J. R., & Wulandari, H. (t.thn.). Peran ayah dalam menerapkan pendidikan seks pada anak uia 4-6 tahun.

Wulandari, F. (2022, October). Penerapan metode bernyanyi dengan berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar bahasa arab pada siswa kelas IV A di MIN 2 Pringsewu. hal. 1-66.

Yuslam, Setiani, R. E., & Sari, A. K. (2017). Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 151-168.

Published
2023-08-06