PERBEDAAN KREATIVITAS MELALUI PERMAINAN BALOK MODEL PERMAINAN KONSTRUKTIF (PKPK) ANAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN KELOMPOK B DI TK AN-NASYA

  • teni fadilah mutmainah prodi pendidikan guru pendidikan anak usia dini
  • Masnipal Marhun
  • Ayi Sobarna

Abstract

Kreativitas merupakan aspek penting yang harus dimiliki anak sebab dapat menentukan suksesnya hidup seseorang. Salah satu kemampuan yang turut menentukan suksesnya hidup seseorang adalah kemampuan kreativitas. Pada dasarnya setiap anak memiliki dasar potensi kreativitas walaupun dalam tingkatan berbeda-beda. Salah satu yang tampak oleh peneliti adalah perbedaan perlakuan yang diberikan terhadap anak laki-laki dan perempuan, ternyata pandangan guru terhadap kreativitas seorang anak masih dipengaruhi oleh jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tentang kreativitas antara anak laki-laki dan perempuan dalam permainan balok menggunakan model PKPK dari Masnipal (PKPK-Masnipal). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Alat pengumpulan data menggunakan Tes Kreativitas Figural (TKF) yang di standarisasi oleh Prof. Utami Munandar dari circle test dari Torrance yang sudah diadaptasi oleh Masnipal tahun 2008. Analisis data menggunakan teknik analisi Independent Sample T-test diperoleh t = -0,206 dengan signifikasi 0,842 (p>0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kreativitas yang signifikan antara kreativitas anak laki-laki dan perempuan dlam total aspek kreativitas (kelancaran, kelenturan, keaslian, dan elaborasi).

References

Ayat, Q. A.-K. (N.D.). Merdeka.Com. Retrieved From Merdeka Web Site: Https://Www.Merdeka.Com/Quran/ Al-Kahf/Ayat-46
Baer, J. (2010). Gender Differences In The Effects Of Anticipated Evaluation On. Creativity Research Journal, 42(2): 75-105.
Cheung, P. C. (2010). Gender Differences In The Creativity Of Hongkong School Children: Comparison By Using The New Electronic Wallach –Kogan Creativity Tests. Creativity Research Journal, 22(2):194-199.
Dodge, D. T. (2002). The Creative Curriculum. Teaching Strategis.
Fakhriyan, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan Dan Sain, 193-200.
Mardhiah Masril, O. D. (2020). Analisis Gender Dan Intellectual Intelligence. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 189.
Masnipal. (2016). Model Pegembangan Kreativitas Melalui Permainan Konstruktif (Pkpk) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia Dini. Ta'dib, 39- 47.
Masnipal. (2020). Building Blocks Play: Model Reconstruction, Teacher’s Guidance And. Journal Of Early Childhood Care And Education, 14- 35.
Masnipal, M. (2018). Menjadi Guru Paud Profesional. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Mochammad Maulana Trianggono, S. Y. (2018). Karakteristik Keterampilan Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Fisika Berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (Jpfk), 98-106.
Munandar, U. (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Pendidikan, E. J. (2015). Edukasi: Jurnal Pendidikan. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Potur, A. A. (2009). Gender And Creative Thinking In Education: A Z Itu. Journal Of Faculty Of, 6(2): 44-57.
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui. Jurnal Ilmiah Guru "Cope", 43-44.
Putri, R. D. (2019). Budaya Adil Gender Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Wahana Konseling, 52-53.
Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain.
Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 21-26.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartini, P. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Dengan Permainan Balok Di Taman Kanak-Kanak Sabrina Sukarame Bandar Lampung. Lampung.
Sumanti, A. Y. (2014). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bermain Balok Di Tk Mujahidin I Pontianak. 3.
Yunita. (2011). Kreativitas Figural Anak Usia Dini Ditinjau Dari Jenis
Kelamin: Penelitian Expost Facto Yang Dilakukan Di Tk B Labschool Universitas Pendidikan Indonesia. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Paud. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Published
2023-08-14