Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) dengan Permainan Treasure Hunt di TK Rian Kumarajaya Padalarang Kabupaten Bandung Barat

  • Shafanissa Alifia Shafira PGPAUD, Universitas Islam Bandung
Keywords: Treasure Hunt Game, Gross Motor, Early Childhood, Permainan Treasure Hunt, Motorik Kasar, Anak Usia Dini

Abstract

 

Abstract. Physical motor contribution is necessary as the other six aspects of development. Motor development could adjust the first standard for children in their growth and development. If the child's physical and motor skills develop well, it will affect the other aspects. Play and games methods involve most of the child's limbs in the gross motor development process. It represents a quasi-experimental study using a nonequivalent control group design (preliminary test-posttest design). This experimental method was carried out in experimental and control groups.

Group B of Rian Kumarajaya Kindergarten Padalarang consists of 14 children in the research population using a random sampling technique between the experimental and control groups. This study used direct practice test sheets on gross motor skills and the Treasure Hunt game. The data obtained from the test results used the normality test, homogeneity test, and the independent sample T-test (T-test). Constructed on the initial gross motor skills (Pretest) result, the experimental group obtained an average result of 14.14, while the control group obtained 14.43. From the analysis of the hypothetical data through the calculation of Sig. 0.000 <0.05, so Ha is accepted and proven correct with a difference from the posttest results of the experimental group that is greater than 17.00. Besides that, the posttest control group obtained 15.14. In conclusion, the Treasure Hunt game is more effectively used to develop children's gross motor skills.

Abstrak. Fisik motorik memegang kontribusi sama pentingnya dengan keenam aspek perkembangan yang lainnya. Perkembangan motorik mampu digunakan sebagai tolak ukur pertama bagi anak dalam tumbuh kembangnya. Bila fisik motorik anak berkembang dengan baik, aspek yang lainnya pun akan mengikuti. Bermain dan permainan merupakan metode yang melibatkan sebagian besar anggota tubuh anak dalam proses pengembangan motorik kasar. Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian nonequivalent control group design (rancangan tes awal-tes akhir). Dimana metode eksperimen yang dilaksanakan pada suatu kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok B TK Rian Kumarajaya, Padalarang yang terdiri dari 14 anak merupakan populasi penelitian dengan teknik random sampling antara kelompok eksperimen dan kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar tes praktik langsung tentang motorik kasar dan permainan Treasure Hunt. Data yang diperoleh dari hasil tes menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample T tes (uji T). Berdasarkan hasil kemampuan awal (Pretest) motorik kasar kelompok eksperimen memperoleh hasil rata-rata 14,14 sedangkan kelompok kontrol memperoleh 14,43. Dari analisis data hipotesis melalui perhitungan Sig. 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan terbukti benar serta adanya perbedaan dari hasil posttest kelompok eksperimen yang lebih besar sebanyak 17,00. Sementara posttest kelompok kontrol memperoleh 15,14. Sehingga dapat dismpulkan permainan Treasure Hunt lebih efektif digunakan untuk mengembangkan motorik kasar anak.

References

[1] Yuliana, T. U. (2020). Rancangan Media Pembelajaran Playmat Ludocard Math pada Operasi Hitung Bilangan Pecahan. Jurnal: Penelitian Desaign and Development.
[2] Atmira Qurnia Sari, Y. L. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics.
[3] Azizah, L. A. (2020). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar. Volume 4 Issue 1 (2020), 482-490.
[4] Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Dalam Negeri. (2018, Januari 8).
[5] Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD.
[6] Fadila, A. (2022). Implementasi Permainan Mini Outbound dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Kelompok A di TK Alam Muara Bungo Jambi. Jurnal Riset Pendidikan Guru PAUD.
Published
2023-08-06