Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Mengembangkan Kognitif melalui Kegiatan Sains pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Islam Minhajul Muslim

  • Shalsa Pramitha Devi PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Dedih Surana PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Nurul Afrianti PGPAUD, Universitas Islam Bandung
Keywords: Cognitive (Logical Thinking), Learning Model, Picture and Picture, Kognitif (Berpikir Logis), Model Pembelajaran

Abstract

Abstract. Cognitive ability problems (logical thinking) such as looking for differences, analyzing, solving problems, and recognizing cause and effect in material are also found in group B children in Minhajul Muslim Islamic Kindergarten Subang Reality shows that the ability is still known with children not understanding in observing a simple action in their environmentthis study aims to determine the cognitive development of group B children in Minhajul Muslim Islamic Kindergarten (logical thinking) in the model This research is a quasi-experimental quantitative research The research design used is randomized pre-test, post test control group design, data collection techniques used in testing, namely converting raw scores into z and t scores, conducting statistical tests, and hypothesis testing. The cognitive ability of group B children in Minhajul Muslim Subang Islamic Kindergarten after the application of the picture and picture type cooperative learning model showed an increase based on the results of the study showed that the average score of the pretest control group was 36.69 and the experimental group posttest was 41.19 meaning that there was an increase in children's logical thinking after getting the Picture and picture Type Cooperative Learning Model treatment. Thus, it can be concluded that the provision of Picture and Picture Type Cooperative Learning Model provides a significant improvement to the development of logical thinking in experimental group children. Based on the results of the researchers, the picture and picture type cooperative learning model is effective to become one of the models used in improving cognitive abilities (logical thinking).

Abstrak. Permasalahan kemampuan kognitif (berfikir logis) seperti mencari perbedaan, menganalisa, memecahkan masalah, dan mengenal sebab-akibat dalam materi juga ditemukan pada anak kelompok B di TK Islam Minhajul Muslim Subang Realitas menunjukkan kemam puan masih diketahui dengan anak tidak mengerti dalam mengamati suatu tindakan sederhana yang ada di lingkungannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kognitif anak kelompok B di TK Islam Minhajul Muslim (berpikir logis) dalam model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen desain penelitian yang digunakan adalah randomized pre-test, post test control group design, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengujian yaitu mengubah skor mentah ke dalam z dan t skor, melakukan uji statistik, dan pengujian hipotesis. Kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Islam Minhajul Muslim subang setelah diterapkannya model pembelajaraan kooperatif tipe picture and picture menunjukkan ada nya peningkatan berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok kontrol pretest 36.69 dan posttest kelompok eksperimen 41.19 artinya terjadi peningkatan berpikir logis anak setelah mendapatkan perlakuan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and picture. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemberian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and picture memberikan peningkatan secara signifikan terhadap perkembangan berpikir logis pada anak kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil peneliti maka model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture efektif untuk menjadi salah satu model yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan kognitif (berpikir logis).

References

Amelia, N. (2019). Pengembangan Media Kartu Bergamb Ar Make A Match Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi Sunggal Sumatera Utara (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Ardika, E. (2021). Pengembangan Ape Papan Alur Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun (Doctoral Dissertation, Uin Ar-Raniry).

Dr. Hj. Khadijah, M. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2021). Pendidikan anak usia dini menurut konsep islam. Amzah.

Eliana Yunitha Seran, V. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Iii Sd. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2-8.

E.P, F. H. (2017). Empat Aspek Perkembangan Anak Sebagai Pengamatan Awal Calon Peserta Didik Jenjang Tk A. Pendidikan Penabur - No.29/Tahun Ke-16, 30-46.

Hasibuan, R., & Suryana, D. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169-1179.

Huliyah, M. (2017). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 60-71.

Ii, B. (2003). A. Pembelajaran Kooperatif.

Ii, B. (2011). A. Model Pembelajaran Kooperatif.

Israwati, I., Lukman, L., & Hamid, A. N. (2022). Efektivitas Media Flashcar D Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Sultra Educational Journal, 2(1), 1-9.

Lokat, Y. T., Bano, V. O., & Enda, R. R. H. (20 22). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa. Binomial, 5(2), 126-135.

Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian.

Nia Indah Purnama Sari, N. A. (2021). Mengembangkan Kemampuan Berfikir Logis Anak Melalui Kegiatan Bermain Warna. Journal Of Early Childhood Education Studies , 38-70.

Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan" Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82-90.

Nurhafizha, R. (2022). Pembelajaran Konsep Sains Lingkungan Sekitar oleh Orang Tua di Desa X Ngaprah. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 2(2), 123–130. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v2i2.1428

Ni Luh Susilawati, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B. Pendidikan Aanak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, 84-94.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.

Poppyariyana, A. A., & Munajat, A. (2020). Pengaruh Permainan Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 1-16.

Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jpsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 1-14.

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (2).

Putri, S. U. (2019). Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. Upi Sumedang Press.

Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 6 Metro. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Rejeki, N. S. (2020). Survei Upaya Guru Dalam Menciptakan Pembelajaran Efektif Berdasarkan Prinsip Pemebelajaran Taman Kanak-Kanak. Principles Of Learning In Kingdergarten But Still Need To Increasen Their Ability To Develop Learning Designs And Implement All Learning Principles In Kindergarten, 13-21.

Silfiani, A. (2021). Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture (Doctoral Dissertation, Fkip Unpas).

Susanti, P. A., & Kusmariyani, N. N. (2017). Penerapan Model Picture and Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan Ipa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 99-106.

Saepudin, A. S. A. (2011). Pembelajaran Sains Pada Program Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 213-226.

Siswono, T. Y. E. (2009). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Artikel Dosen Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Fkip).[Online] Tersedia: Http://Suaraguru. Wordpress. Com.

Sriningsih, N. N., Ardana, I. K., Tirtayani, L. A., & Psi, M. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Kelompok B Paud Kumara Asri Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 95-104.

S, E. (2003). Perkembangan Anak Usia Dini (Usia 0-8 Tahun). Bahan Pelatihan Pembelajaran Terpadu Yayasan Pendidikan Salman Al Farisi, 1-22.

Tutupary, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 1(2).

Yudhi Septian Harapan, S. S. (2023). Pendidikan Teknologi Dalam Al-Qur'an. Pendidikan Tambusai, 1898-1906.

Published
2023-08-06