Permainan Kooperatif untuk Mengurangi Perilaku Agresif Anak Usia Dini di TK Al-Istiqomah Ridolloh Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung

  • Sri Rosita PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Erhamwilda PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Nurul Afrianti PGPAUD, Universitas Islam Bandung
Keywords: Cooperative Play, Aggresive Behavior, Early Childhood, Permainan Kooperatif, Perilaku Agresif, Anak Usia DIni

Abstract

Abstract. This classroom action research was motivated by the anxiety of researchers and teachers regarding aggressive behavior which is an act of hurting or harming other people both physically and verbally. This study aims to determine the implementation of cooperative game activities carried out by researchers and teachers to reduce aggressive behavior in early childhood. This research was conducted from February to April 2023, taking place at Al-Istiqomah Ridolloh Kindergarten, Bumiwangi Village, Ciparay District, Bandung Regency. The method used in this research is Classroom Action Research which refers to Kurt Lewin's pattern of action, which consists of planning, implementing, observing and reflecting. This research was carried out in four cycles. The techniques used for data collection in this study include observation, interviews and documentation. This research was carried out collaboratively between researchers and other teachers. The results showed that in the first cycle there were four children who showed aggressive behavior, then in the second cycle it was reduced to one child, then in the third cycle no children showed aggressive behavior as well as in the fourth cycle none of the children showed aggressive behavior. It was concluded that cooperative play is able to reduce aggressive behavior of early childhood in Al-istiqomah ridolloh Kindergarten, Bumiwangi Village, Ciparay District, Bandung Regency.

Abstrak.

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh keresahan peneliti dan guru-guru mengenai perilaku agresif yang merupakan suatu tindakan menyakiti atau merugikan orang lain baik secara fisik maupun verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan permainan kooperatif  yang dilakukan peneliti dan guru-guru untuk mengurangi perilaku agresif anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2023, bertempat di TK Al-Istiqomah Ridolloh Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang merujuk pada pola tindakan Kurt Lewin, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, penelitian ini dilaksanakan sebanyak empat siklus. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru-guru lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama terdapat empat anak yang menunjukkan perilaku agresif, selanjutnya pada siklus kedua berkurang menjadi satu orang anak, kemudian pada siklus ke tiga tidak ada anak yang menunjukkan perilaku agresif begitu juga pada siklus keempat tidak satupun anak menunjukkan perilaku agresif. Disimpulkan bahwa permainan kooperatif mampu mengurangi perilaku agresif anak usia dini di TK Al-istiqomah ridolloh desa bumiwangi kecamatan ciparay kabupaten bandung.

References

Arriani, F. (2014). PERILAKU AGRESIF ANAK USIA DINI. 8 Edisi 2.

Burhani, A. (2017). Geertz’s trichotomy of Abangan, Santri, and Priyayi controversy and continuity. Journal of Indonesian Islam, 11(2), 329–350. https://doi.org/10.15642/JIIS.2017.11.2.329-350

Fahrunnisa. (2020). Perilaku Agresif Pada Anak TK Cara Mengatasinya dengan Kegiatan Bermain Prososial di Setting Kelas. CV Amerta Media.

Fitria, Utomo, H. B., & Dwiyanti, L. (2020). Pembentukan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Melalui Permainan Kooperatif. JPP PAUD FKIP Untirta, 7(2), 123–132.

Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG KREATIF DAN EFEKTIF (1st ed.). Kencana.

Mansipal, M. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. Remaja Rosda Karya.

Marwah, H., & Rachmah, H. (2023). Implementasi Pengasuhan Bahasa Cinta dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia 4-5 Tahun ْ ُ. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud (JRPGP), 3(1), 1–6.

Penyebab, F.-F., Pada, A., Usia, A., Di “x,” D., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2021). Alif Mualifah. Dirasah, 4(1).

Raden, I., & Intan, R. (2016). Yudesta- Bermain Perkembangan Anak. 3, 145–158.

Rakhmi, D. (2018). MENURUNKAN PERILAKU AGRESIF MELALUI CERITA IMAJINATIF PADA MASA ANAK AWAL. Photosynthetica, 2(1), 1–13.

Timotius, K. H. (2018). Otak dan Perilaku (C. A. A (Ed.)). Penerbit ANDI.

Wardhono, Agus Istiana, Y. (Ed.). (n.d.). Prosiding Seminar Nasional 2018 Jilid 2 Memaksimalkan peran pendidik dalam membangun karakter anak usia dini sebagai wujud investasi bangsa 2018.

Wirawan, S. (2009). Psikologi sosial. Salemba Humanika.

Published
2023-08-06