Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Media Permainan Telur Angka di Tk Al-Amin Kecamatan Panyileukan Kota Bandung

  • Pipih Sopiah PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Huriah Rachmah PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Asep Dudi Suhardini PGPAUD, Universitas Islam Bandung
Keywords: Berhitung, Anak Usia Dini, Permainan Telur Angka.

Abstract

Abstract. Cognitive development is an important aspect in developing children's thinking skills, one of which is counting. This study aims to find out how to increase numeracy skills using the Numeric Egg media for children aged 4-5 years in group A of Al-Amin Kindergarten, Panyileukan District, Bandung City. This research is a classroom action research (CAR) using the Kemmis and Mc Taggart model which was carried out for 2 cycles. The subjects of this study were 14 children, consisting of 6 boys and 8 girls. Data collection techniques used in this study were observation, interviews and documentation. The data analysis technique used in this research is descriptive qualitative using simple statistical calculations. Based on the results of the study, it is known that there is an increase in the ability to count using the Number Egg game. This can be seen from the results of the research in the first cycle of 63% and an increase in the second cycle of 77%.

Abstrak. Perkembangan kognitif merupakan aspek yang penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir anak, salah satunya yaitu berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berhitung dengan menggunakan media Telur Angka untuk anak usia 4-5 tahun tahun di kelompok A TK Al-Amin, Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah 14 anak, yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan perhitungan statistika sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat peningkatan dalam kemampuan berhitung dengan menggunakan permainan Telur Angka. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian siklus I sebesar 63% dan meningkat pada siklus II sebesar 77%.

Published
2022-08-06