Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui Kegiatan Melukis dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun di TK Beyna Ceria Kota Bandung

  • Reggy Tania PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Ayi Sobarna PG PAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  • Arif Hakim PG PAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Keywords: motorik halus, melukis, bahan bekas

Abstract

Abstract. This research is motivated by the lack of development of fine motor skills, children in coloring activities and imitating pictures still look untidy, the results of coloring are out of line, when imitating pictures they still find it difficult, and need teacher assistance. This is because in learning activities in class there are more activities of sticking, cutting, and folding. This study aims to improve fine motor skills through painting activities using used materials in group A children aged 4-5 years at Beyna Ceria Kindergarten, Bandung City. The method in this study uses the Class Action Research method. This research consisted of three cycles and each cycle carried out three meetings or actions. The subjects of this study were 14 children consisting of 4 girls and 10 boys. Data analysis techniques were carried out qualitatively. In the first cycle with an average percentage of 33.37% in the Developing As Expected category, in the second cycle with an average percentage of 59.5% in the Developing As Expected category, and in the third cycle with an average percentage of 78.6% in the category Developing As Expected. Based on the results of the study, it showed that children's fine motor skills could increase after the action taken through painting activities using used materials.

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang berkembangnya keterampilan motorik halus, anak dalam kegiatan mewarnai dan meniru gambar masih terlihat belum rapi, hasil mewarnai keluar garis, ketika meniru gambar masih merasa kesulitan, dan membutuhkan bantuan guru. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas lebih banyak kegiatan menempel, menggunting, dan melipat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan melukis dengan menggunakan bahan bekas pada anak kelompok A usia 4-5 Tahun di TK Beyna Ceria Kota Bandung. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan atau tindakan. Subjek penelitian ini adalah 14 orang anak yang terdiri dari 4 orang anak perempuan dan 10 orang anak laki-laki. teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Pada siklus I dengan rata-rata persentase 33,37% pada kategori Berkembang Sesuai Harapan, pada siklus II dengan rata-rata persentase 59,5% pada kategori Berkembang Sesuai Harapan, dan di siklus III dengan rata-rata persentase 78,6% pada kategori Berkembang Sesuai Harapan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan motorik halus anak dapat meningkat setelah adanya tindakan yang ditempuh melalui kegiatan melukis dengan menggunakan bahan bekas.

Published
2022-07-29