Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Cilame Kabupaten Bandung

  • Maulin Alya Rohmayani PGPAUD, Universitas Islam Bandung
Keywords: Dampak Gadget, Durasi penggunaan Gadget, Peran Orangtua

Abstract

Abstract. The main problem in this thesis is about the effect of using gadgets on children's social emotional development and how often children use gadgets. The purpose of this study was to determine how often children use gadgets and the effect of using gadgets on children's social emotional development, as well as measuring the duration of children using gadgets per day and the role of parents in accompanying children. This study uses a descriptive quantitative approach with a survey method. The population of this study In this study, the sampling technique used by the author is random sampling using the Slovin formula, which results when rounded up to 33 people. The subjects of this study were parents and children. The data collection technique in this study used a questionnaire or questionnaire technique. Based on the data that has been collected from 33 respondents, it shows that the use of gadgets is only for playing games, even though the use is less than 1 hour. The results showed that the influence of the use of gadgets on the socio-emotional development of children aged 4-5 years has a positive or negative influence so that it affects the level of child development.

Abstrak. Pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu mengenai pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan social emosional anak dan seberapa sering anak menggunakan gadget. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa sering anak menggunakan gadget dan pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan social emosional anak, serta mengukur durasi anak menggunakan gadget perharinya dan peran orang tua dalam mendapampingi anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survey. Populasi penelitian ini Dalam penelitian ini, Teknik sampling yang digunakan oleh penulis yaitu sampel random sampling dengan menggunakan rumus slovin yang hasilnya jika dibulatkan menjadi 33 orang.  Subjek penelitian ini adalah orang tua dan anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik kuisioner atau angket. Berdasarkan data yang telah di kumpulkan dari 33 responden menunjukan bahwa pemanfaatan gadget hanya untuk bermain game, meskipun penggunaan  kurang dari 1 jam. Hasil penelitian yang ditunjukkan bahwa Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun memberikan pengaruh positif maupun negatif sehingga mempengaruhi tingkat perkembangan anak.

Published
2022-07-28