Meningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Riyadhul Ulfah

  • Dita Fitri Universitas Islam Bandung
  • Masnipal Marhun Prodi PG PAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  • Dinar Nur Inten PGPAUD, Universitas Islam Bandung
Keywords: Menyimak, Buku Cerita Bergambar, Anak Usia Dini

Abstract

Abstract. The research is motivated by the problem of learning activities in children, namely listening to language. The purpose of this study is to improve listening skills through the use of picture story books for children aged 5-6 years. The type of research used is classroom action research which consists cycle is carried out in three meetings. With the procedures used, planning, action, observation and reflection. The subjects in this study were 13 students who were in class B in Riyadhul Ulfah Kindergarten. The data collection tool used is an observation sheet to determine the treatment strategy in improving listening skills through the use of picture storybooks as media. With data analysis that is the percentage. This research has implications as a teacher’s effort to improve children’s listening skills through the use of picture story books as media. The results showed an increase in children’s listening skills through the use picture story books media for children aged 5-6 years from the results of cycle I, cycle II, and cycle III with the strategis media, class settings, activity time, interaction patterns and teacher instructions.

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam kegiatan pembelajaran pada anak, yaitu kemampuan bahasa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menyimak melalui penggunaan media buku cerita bergambar pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Action Research Clasroom) yang terdiri dari tiga siklus, dimana setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Dengan prosedur yang digunakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 13 orang anak didik yang merupakan kelas B di TK Riyadhul Ulfah. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui kemampuan menyimak anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi perlakuan dalam meningkatkan kemampuan menyimak melalui penggunaan media buku cerita bergambar. Dengan analisis data yaitu persentase. Penelitian ini berimplikasi sebagai upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak melalui penggunaan media buku cerita bergambar. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan menyimak anak melalui penggunaan media buku cerita bergambar anak usia 5-6 tahun dari hasil pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III.

Published
2022-07-27