Analisis Faktor Internal dan Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Anak Usia 5,9 Tahun

  • Terra Aurelia PG-PAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  • Nan Rahminawati PG-PAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  • Dinar Nur Inten PGPAUD, Universitas Islam Bandung
Keywords: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Keterlambatan Bicara.

Abstract

Abstract. The research focuses on analyzing internal and external factors that affect speech delay in a family member aged 5,9 years in Kotabaru. This study aims to analyze internal factors and external factors that affect speech delay in children aged 5,9 years in Kotabaru, as well as provide recommendations for handling internal factors and external factors for children aged 5,9 years. This research uses a qualitative approach with the type of case study research. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The results showed that the internal factors that affect speech delay in children aged 5,9 years are physical disability and gender. External factors that affect speech delay in children aged 5,9 years are the order/number of children, mother's education, technology (gadgets), and family functions, as well as recommendations for handling internal and external factors of speech delay in children aged 5,9 years old is often invites children to talk or interact, confirm the vocabulary or sentences of children, and do simple activities that can stimulate children's language development.

Abstrak. Penelitian berfokus untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi keterlambatan bicara (speech delay) salah satu anggota keluarga usia 5,9 tahun di Kotabaru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan Faktor eksternal yang mempengaruhi Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Anak Usia 5,9 Tahun di Kotabaru, serta memberikan rekomendasi untuk penanganan faktor internal dan faktor eksternal anak usia 5,9 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi keterlambatan bicara (speech delay) anak usia 5,9 tahun adalah kecacatan fisik dan jenis kelamin. Faktor eksternal yang mempengaruhi keterlambatan bicara (speech delay) anak usia 5,9 tahun adalah urutan/jumlah anak, Pendidikan ibu, teknologi (gadget), dan fungsi keluarga, serta rekomendasi untuk penanganan faktor internal dan eksternal keterlambatan bicara (speech delay) anak usia 5,9 tahun adalah sering mengajak anak berbicara atau berinteraksi, membenarkan kosakata atau kalimat anak, dan melakukan kegiatan-kegiatan sederhana yang mampu menstimulus perkembangan bahasa anak.

Published
2022-07-27