Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Bahan Alam dan Bahan Bekas sebagai Media Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak

  • Tri kurnia Sari PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Masnipal PGPAUD, Universitas Islam Bandung
Keywords: Kreativitas, alat peraga, bahan alam, bahan bekas

Abstract

Abstract. This study aims to obtain a picture of the creativity of teachers in developing natural materials and used materials as a learning medium of this research using descriptive methods with data collection tools with questionnaires that are given to teachers of processing and analysis using percentages and averages. The subjects used in this study were 32 teachers from kindergarten in Bandung. The results obtained in this study are: 1) the use of natural materials by 91% of teachers can use natural materials as learning media such as grains, sand, dry leaves, their school is maximized due to various obstacles. This has an impact on efforts to develop students' potential. 2) on the use of used materials 77% of teachers can use used materials as learning media such as cardboard, cans, paper plates, ice cream sticks, bottle caps, plastic in their school; but there are some other teachers who have not been able to make full use of it more because of the craft and creativity of the teacher. This research has implications: (a) as an entry for teachers in utilizing natural and used materials as media for learning in schools; (b) as a motivation for teachers to develop their reactivity in the provision of more varied learning media.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kreativitas guru dalam mengembangkan bahan alam dan bahan bekas sebagai media pembelajaran penelitian ini menggunakan metode deskriptif  dengan alat  pengumpulan data dengan  kueisioner  yang dinerikan kepada guru-guru pengolahan dan analisis dengan menggunakan persentase abstrak dan rata-rata. Subjek  yang digunakan dalam penelitian  ini adalah ini guru –guru  yang berasal dari taman kanak-kanak  di kota  bandung  berjumlah 32 orang . Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : 1) pada pemanfaatan bahan alam sebesar 91%  guru dapat memanfaatkan bahan alam sebagai media pembelajaran seperti biji-bijian, pasir, daun kering, disekolah mereka  maksimal karena berbagai hanbatan. Hal ini berdampak pada upaya pengembagan potensi siswa. 2) pada pemanfaatan bahan bekas 77% guru dapat memanfaatkan bahan bekas sebagai media pemnbelajaran  seperti  kardus, kaleng, piring  kertas, stik es krim, tutup botol, plastik di sekolah mereka; akan tetapi ada sebagian guru yang lain belum dapat  memanfaatkan secara maksimal lebih disebabkan  faktor  kerajinan  dan kreativitas guru. Penelitian ini berimplikasi:  (a) sebagaii masuk bagi guru dalam memnafaatkan bahan alam dan bahan  bekas sebagai media pembelaaran di sekolah; (b) sebagai motivasi bagi guru dalam mengembangkan reativitas mereka dalam mengadaan media pembelajaran yang lebih bervariasi.

Published
2021-12-07