Pengelolaan 9 Pilar Karakter dari Indonesia Heritage Foundation Pada Kelompok B di TK Muslimat NU Masyithoh 19 “ANNISA” Jenggot Kota Pekalongan

  • Mila Aulia Nur Komariyah PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Nan Rahmaminawati
  • Nurul Afrianti PGPAUD, Universitas Islam Bandung
Keywords: Pilar, Pendidikan, Karakter.

Abstract

Abstract. Muslimat NU Masyithoh Kindergarten 19 “ANNISA” Beard Pekalongan City has a program to implement the 9 pillars of character education from the Indonesia Heritage Foundation. There are three character streams that are introduced to children, namely moral knowing (knowledge of character), moral feeling (feeling the impact of character), moral action (making character values ​​into habituation). Based on this, the problems in this research are formulated as follows: How are the principals and teachers planning the implementation of the 9 pillars of character in TK Muslimat NU Masyithoh 19 "ANNISA" Jenggot Pekalongan City? and How is the assessment carried out by the teacher to measure success in implementing the 9 pillars of character in TK Muslimat NU Masyithoh 19 "ANNISA" Jenggot Pekalongan City?. The research uses a descriptive qualitative method. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, and documentation. The data sources are divided into primary data and secondary data. Primary data was obtained from the principal and secondary data was obtained from documentation that supports the research.

Abstrak. TK Muslimat NU Masyithoh 19 “ANNISA” Jenggot Kota Pekalongan memiliki program menerapkan pendidikan 9 pilar karakter dari Indonesia Heritage Foundation. Terdapat tiga pengaliran karakter yang dikenalkan kepada anak yaitu moral knowing (pengetahuan tentang karakter), moral feeling (merasakan dampak dari karakter), moral action (Menjadikan nilai-nilai karakter menjadi pembiasaan). Berdasarkan dengan hal itu maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana perencanaan yang dilakukan kepala sekolah dan guru dalam pelaksanaan 9 pilar karakter di TK Muslimat NU Masyithoh 19 “ANNISA” Jenggot Kota Pekalongan? dan Bagaimana penilaian yang dilakukan guru untuk mengukur keberhasilan dalam pelaksanaan 9 pilar karakter di TK Muslimat NU Masyithoh 19 “ANNISA” Jenggot Kota Pekalongan?. penelitian menggunakan metode kualitatif drskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data ini terbagi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kepala sekolah dan data sekunder diperoleh dari dokumentasi yang mendukung penelitian.

Published
2022-01-22