Meningkatkan Kemampuan Literasi Al-Qur'an Anak Usia Dini melalui Permainan di TKQ Irsyadul 'Ibad Ila Yaumil Ma'ad
Abstract
Abstract. This study aims to enhance Qur'anic literacy in early childhood through a game-based learning approach. The background of the research is the low level of Qur'anic literacy among children, which hinders their understanding of religious teachings. The method used is Classroom Action Research (CAR), which includes planning, implementation, observation, and reflection stages. The research was conducted in an early childhood education institution, involving students as research subjects. The results show that learning through games is effective in improving the ability to read Qur'anic letters and verses. Furthermore, this approach helps children understand the values contained in the Qur'an and makes the learning process more enjoyable and motivating. Therefore, game-based learning methods are recommended as an effective strategy for teaching Qur'anic literacy to young children.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi Al-Qur'an pada anak usia dini melalui pendekatan pembelajaran berbasis permainan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan literasi Al-Qur'an di kalangan anak-anak, yang menghambat pemahaman mereka terhadap ajaran agama. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di salah satu lembaga pendidikan anak usia dini dengan melibatkan siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui permainan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf dan ayat Al-Qur'an. Selain itu, pendekatan ini juga membantu anak-anak memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an, serta membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan memotivasi. Oleh karena itu, metode pembelajaran berbasis permainan direkomendasikan sebagai strategi yang efektif untuk mengajarkan literasi Al-Qur'an kepada anak-anak usia dini.
References
Sujiono, Y. N. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Departemen Agama RI. (2009). Pedoman Penulisan Al-Qur'an dan Pendidikan Al-Qur'an. Jakarta: Direktorat Pendidikan Agama Islam.
Hasan, A. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.