Peran Orang Tua dalam Pengasuhan Anak Diera Digital
Abstract
Abstract. The importance of the role of parents in educating children such as parenting, fostering children at home is an obligation for every parent in an effort to shape the child's personality. This study aims: (1) To determine the profile of parents and children in Babakan Nanjung Village, Cimahi City. (2) To find out the form of parenting in the digital era. (3) To find out the role of parents in the digital era in Babakan Nanjung Village, Cimahi City. (4) To find out what strategies parents have in parenting in the digital era. (5) To find out what obstacles and barriers in parenting in the digital era. This research uses qualitative research with a case study approach. The techniques used are observation, interviews, and documentation. While the data analysis technique used is to use techniques through data reduction, data presentation, and drawing conclusions from research. The profile of parents in Babakan Nanjung, Cimahi city shows that parents have different backgrounds. The forms of parenting used by parents in the digital era include authoritative parenting and permissive parenting. In the digital era, parents act as facilitators, supervisors, and controllers. In this digital age, parents take different approaches to parenting their children, such as limiting the time they spend on screens and finding ways to help their children overcome the limitations posed by electronic devices. Parents face barriers and obstacles in educating their children, which impact their social and emotional development, such as not wanting their children to socialize outside.
Abstrak. Pentingnya peranan orang tua dalam mendidik anak seperti mengasuh, membina anak dirumah merupakan kewajiban bagi setiap orang tua dalam usaha pembentukan kepribadian anak. Penelitian ini bertujuan: (1)Untuk mengetahui gambaran profil orang tua dan anak di Kampung Babakan Nanjung Kota Cimahi. (2) Untuk mengetahui bentuk pengasuhan anak di era digital. (3) Untuk mengetahui peran orang tua di era digital di Kampung Babakan Nanjung Kota Cimahi. (4) Untuk mengetahui strategi apa saja pada orang tua dalam pengasuhan anak di era digital. (5) Untuk mengetahui kendala dan hambatan apa saja dalam pengasuhan di era digital. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari penelitian. Profil orang tua di Babakan Nanjung kota Cimahi menunjukkan bahwa orang tua memiliki latar belakang yang berbeda. Bentuk pengasuhan anak yang digunakan orang tua di era digital antara lain, pengasuhan otoritatif dan pengasuhan permisif. Di era digital, orang tua berperan sebagai fasilitator, pengawas, dan pengontrol. Di era digital ini, para orang tua mengambil pendekatan yang berbeda untuk mengasuh anak mereka, seperti membatasi waktu mereka menghabiskan di layar dan mencari cara untuk membantu anak mereka mengatasi batasan yang ditimbulkan oleh perangkat elektronik. Orang tua menghadapi hambatan dan kendala dalam mendidik anak mereka, yang berdampak pada perkembangan sosial dan emosional mereka, seperti tidak mau anak untuk bersosialisasi di luar.
References
Afriwilda MT, Kunwijaya I. Strategi Parenting di Era Digital: Orangtua Sebagai Mediator Dalam Penggunaan Media Digital. Cons J Ilm Bimbing Dan Konseling,. 2022;5(3):228–35.
Puji Rahayu. Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin J Bhs dan Sastra Arab [Internet]. 2019; Tersedia pada: https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/al- fathin/article/download/1423/1214
Nursafitri L. Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Tama Kanak-kanak Smart Kids Waydadi Sukarame Bandar Lampung. J Chem Inf Model. 2019;53(9):1–87.
Utami DT. Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Gener Emas. 2018;1(1):39.
Alia T, Irwansyah. Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A J Lang Lit Cult Educ. 2019;14(1):65–78.
Safitri S. Pola Asuh Anak Usia Dini di Era Digital [Internet]. 2021. Tersedia pada: https://etheses.iainponorogo.ac.id/16651/1/211117037_SISKA SAFITRI_PIAUD.pdf
Salem VET, Fathimah S, Sidik S, Hasrin A. Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget Anak Usia Dini Pada Ibu-Ibu Di Jemaat Nafiri Malalayang 1 ( Tinjauan Sosiologi Keluarga). J Ilm Mandala Educ. 2021;7(3):561–6.
Irsyadillah NS, Putri RI, Amori M rindri B, Wati S, Afriyanti SA, Haidlor M, et al. Efek Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. JECER (journal Early Child Educ Res. 2022;3(1):10.
Wahyuningrum E, Suryanto, Retno Suminar D. Parenting in Digital Era: a Systematic Literature Review. J Educ Heal Community Psychol. 2020;9(3):226–58.