Peran Orang Tua terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru di TK Aulia Bunda Kota Bandung

  • Anita Nur Wahid Martiani 10030217018 PGPAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Enoh PGPAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Ayi Sobarna PGPAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
Keywords: perang orang tua, perkembangan sosial emosional anak, masa adaptasi kebiasaan baru

Abstract

Abstract. The family is the smallest unit in society consisting of father, mother and children. The role of a parent includes being an educator, guide and providing love to children. During the period of adapting to new habits, there was a change in the learning system which resulted in learning via distance or (PJJ). Aulia Bunda Kindergarten in Bandung City has a distance learning system that is different from kindergartens in general, the system that has been created makes collaboration between teachers and parents more synchronous. However, in this case, the role of parents will be more dominant in the learning system due to limited time to leave the house during the period of adapting to new habits. Therefore, this research was conducted with the aim of finding out the role of parents in the social emotional development of children during the period of adaptation to new habits at Aulia Bunda Kindergarten, Bandung City, which includes observations and interviews. The results of the research that have been obtained are in the form of descriptions of the results of interviews obtained from students' parents. Then it is linked to theories from experts to determine the role of parents in children's social emotional development. 

Abstrak. Keluarga merupakan unit terkecil dalam kumpulan masyarakat yang beranggotakan ayah, ibu dan anak. Peran sebagai orang tua antara lain sebagai pendidik, pembimbing dan memberikan kasih sayang kepada anak. Pada masa adaptasi kebiasaan baru, terdapat perubahan sistem pembelajaran yang mengakibatkan belajar melalui jarak jauh atau (PJJ). TK Aulia Bunda Kota Bandung memiliki sistem pembelajaran jarak jauh yang lain dari TK pada umumnya, dari sistem yang telah dibuat, membuat kerjasama antara guru dan orang tua lebih sinkron. Namun pada hal ini, peran orang tua akan lebih mendominasi dalam sistem pembelajaran dikarenakan terbatasnya waktu untuk keluar rumah pada masa adaptasi kebiasaan baru. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan maksud mencari tahu peran orang tua dalam perkembangan sosial emosional anak selama masa adapatasi kebiasaan baru di TK Aulia Bunda Kota Bandung yang meliputi observasi dan wawancara.

Hasil dalam penelitian yang telah didapatkan berupa deskripsi mengenai hasil wawancara yang didapatkan dari orang tua murid. Kemudian di kaitkan dengan teori dari para ahli untuk mengetahui peran dari orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak.  digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil dari penelitian ini adalah: Terdapat hubungan positif antara attention (perhatian) terhadap iklan Le Minerale dengan kesadaran merek yang termasuk kategori kuat/tinggi and antara interest (minat) terhadap iklan Le Minerale dengan kesadaran merek yang termasuk kategori sedang. 

References

Ayun, Q. (2017). Metode dalam Pendidikan dan Pengasuhan Anak. Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak, 114-118.
Fitriah Hayati, N. M. (2014). Peran orang tua. Pengasuhan dan Peran Orang Tua(Parenting) sertaPengaruhnya Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di PAUD Banda Aceh, Indonesia, 19.
Indonesia, K. K. (2020, Maret Rabu). Fakta Virus Corona. Retrieved Oktober Jumat, 2022, from Pertanyaan dan Jawaban Terkait COVID-19: https://www.kemkes.go.id/article/view/20030400008/FAQ-Coronavirus.html
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 2.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 4.
Mamat, F. H. (2014). Perkembangan Sosial. Pengasuhan dan Peran Orang Tua (Parenting) serta Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di PAUD Banda Aceh, Indonesia, 21.
Mendikbud. (2020, Maret 24). SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 . Retrieved Feburari 4, 04, from Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19
Nurhafizah, S. d. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. JURNABASICEDU, 685.
Nurhafizah, S. d. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. JURNALBASICEDU, 685.
Nurhafzah, S. d. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. JURNALBASICEDU, 2.
Ruli, E. (2020). TUGAS DAN PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDK ANAK. Jurnal Edukasi NonFormal, 144.
Wijayanto, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 57.
Wirarti, A. (2018). MENILIK ULANG ARTI KELUARGA PADA MASYARAKAT INDONESIA. JURNAL KEPENDUDUKAN INDONESIA, 15.
Yuliani, W. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF. STKIP Siliwangi, 84.
Published
2024-08-14