Pengaruh Kesejahteraan Guru terhadap Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Buah Batu

  • Geandra Nurfadillah Syahni Fasya 10030220036 PGPAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Dedih Surana PGPAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Nurul Afrianti PGPAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
Keywords: kesejahteraan, kinerja, guru pendidikan anak usia dini

Abstract

Abstract Teacher performance is a very important thing to pay attention to because a teacher’s performance can influence efforts to achieve higher education goals. The low performance of a teacher is closely related to the welfare of the educational institution. Providing inappropriate incentives can affect a person’s performance improvement. Teacher welfare is very important for educational institutions in an effort to improve teacher performance, therefore researchers conducted a study in Buah Batu sub-district. This research aims to determine the influence of teacher welfare on the performance of early childhood education teachers in Buah Batu sub-district. The type of research used in this research is quantitative research. Quantitative research is research that uses many numbers and formulas, from the data collection process to its interpretation. This research method uses a correlational method and uses a quantitative approach. PAUD teachers in Buah Batu sub district consisting of 128 teachers are the research population using a cluster sampling technique, 56 samples were taken. Questionnaire data collection techniques. The research results show that teacher welfare has a significant effect on teacher performance in Buah Batu sub district of 0.00, indicating that HO is accepted and H1 is rejected. This means there is a significant influence between teacher welfare and teacher performance. This is supported by previous studies (Dwiasututi, 2020) that the level of income has a significant influence. It can be said that a professional teacher will remain a professional teacher wherever he is placed, because teaching is the main priority as a teacher.

Abstrak. kinerja guru merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena kinerja seorang guru dapat mempengaruhi upaya tercapainya tujuan Pendidikan Tinggi rendahnya kinerja seorang guru sangat berkaitan erat dengan kesejahteraan yang ada pada lembaga pendidikan tersebut. Pemberian insentif yang tidak tepat dapat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja seseorang. Kesejahteraan guru memang sangat penting bagi lembaga pendidikan dalam upaya meningkatkan kinerja guru, maka dari itu peneliti mengadakan sebuah penelitian di kecamatan Buah Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesejahteraan guru terhadap kinerja guru pendidikan anak usia dini di kecamatan buah batu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang didalamnya menggunakan banyak angka dan rumus, mulai dari proses pengumpulan data hingga penafsirannya. Metode penelitian ini menggunakan metode korelasional dan menggunakan dengan pendekatan kuantitatif. Guru PAUD di kecamatan Buah Batu terdiri dari 128 guru merupakan populasi penelitian dengan teknik cluster sampling, sampel yang diambil 56 sampel. Teknik pengumpulan data kuesioner. hasil penelitian menunjukan bahwa kesejahteraan guru berpengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru di kecamatan Buah Batu sebesar 0,00 menunjukan bahwa HO diterima dan maka H1 ditolak. Hal ini terdapat pengaruh yang signifikan antara kesejahteraan guru dan kinerja guru. Hal ini hal ini di dukung oleh kajian terdahulu (Dwiasututi, 2020) bahwa tingkat pendapatan memiliki pengaruh yang menyatakan memiliki pengaruh yang cukup signifikan. Dapat dikatakan bahwa seorang guru professional akan tetap menjadi guru professional dimanapun ia ditempatkan, karena mengajar adalah prioritas utama sebagai seorang guru.

References

A. Shimp, Terence. 2000. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. 5th ed. Jakarta: Erlangga.
Ma’ruf. 2021. “Strategi Pengembangan Profesi Guru Dalam Mewujudkan Suasana Pembelajaran Yang Efektif.” Al-Musannif 3 (1): 27–44. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v3i1.54.
Published
2024-08-13