Penggunaan Permainan Konstruktif (Balok Membangun) Model PKPK dalam Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Sabiq Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung

  • Adelia Rosma Nurul Assifa 10030220003 PGPAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Masnipal Mahrun PGPAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Dinar Nur Inten PGPAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
Keywords: berpikir kreatif, pendidikan anak usia dini, permainan balok

Abstract

Abstract. Constructive games can use various media, one of which is building blocks which can develop creative thinking in young children. Currently, children’s creativity levels are still low, this is triggered by the lack of children’s interaction with media, which is actually more about digital media. So, the aim of  this research is to increase children’s creativity through block games using the Constructive Game Creativity Development Model. This research uses quantitative methods with the Pre-Experimental Design technique in the form of One Group pretest-posttest design. Data collection techniques were carried out using the Figural Creativity Test or circle test. Meanwhile, data processing techniques use statistical data analysis and hypothesis testing. The result of this research show there was a significant influence of constructive play on children’s creativity.

Abstrak. Permainan konstruktif dapat menggunakan berbagai media, salah satunya yaitu balok membangun yang dapat mengembangkan cara berpikir kreatif anak usia dini. Pada saat ini tingkat kreativitas anak masih rendah, hal ini dipicu dengan kurangnya interaksi anak dengan media yang sesungguhnya, lebih kepada media digital. Maka tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas anak melalui permainan balok model Perkembangan Kreativitas Permainan Konstruktif (PKPK). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik Pre Eksperiment Design dengan bentuk One Group pretes-posttest design. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan Tes Kreativitas Figural (TKF) atau circle test. Sedangkan teknik pengolahan data menggunakan analisis data statistik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari permainan konstruktif terhadap kreativitas anak.

References

1. Lestari DP. Peningkatan Kreatifitas Melalui Funcooking pada Kelompok A RA Az Zahra Kebayoran Baru Jakarta Selatan. J PG-PAUD Trunojoyo J Pendidik dan Pembelajaran Anak Usia Dini. 2019;6(1):18–28.
2. Puspitasari E. Pemetaan Kreativitas Anak Usia 4-6 Tahun di TK Laboratorium PG-PAUD Universitas Riau. Educhild Pendidik dan Sos [Internet]. 2015;4(1):50–5. Available from: https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/2802/0
3. Sit M, Khadijah, Nasution F, Wahyuni S, Rohani, Nurhayani, et al. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Pengembangan Teori dan Praktik. Perdana Publishing. 2016. 216 p.
4. Alimuddin SA. Penerapan Kegiatan Bermain Balok Konstruktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiyah V Toddopuli Kota Makasar. 2017;
5. Utami AP. Meningkatkan Sikap Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok. 2023;
6. Mira R. Pengaruh Permainan Konstruktif Bahan Alam Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Barona Aceh Jaya. 2023;
7. Masnipal. Model Pengembangan Kreativitas Melalui Permainan Konstruktif Dalam Proses Pendidikan Anak Usia Dini, (Studi Terhadap Siswa Taman Kanak-kanak di Bandung dan Cimahi). 2008;
8. Jarlest Andini Agustinanda SI. Analisis Kepuasan Konsumen dengan Uji Deskriptif dan PLS Pada PerusahaanMultifinace. J Ekon. 2020;25(3):413.
9. Independent P, T-test S, Merck PT, Magdalena R, Krisanti MA. Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode. 2019;35–48.
10. Masnipal. Building blocks play: Model reconstruction, teacher’s guidance and early childhood creativity. J Early Child Care Educ. 2020;3(1):14.
11. Inten DN. Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mediat J Komun. 2017;10(1):109–20.
12. Nurhapita A, Inten DN, Enoh. Program Kegiatan Coking Class untuk Anak Usia Dini di Kelas Koki Cilik Jakarta. Pros Pendidik Guru PAUD. 2019;81–6.
13. Hartanti W, Negeri I, Muhammad A, Samarinda I, Afandi NK. under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International ANALISIS IMPLEMENTASI METODE MENGGAMBAR BAGI PEMBENTUKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME 193. J Pendidik Anak Usia Dini. 2023;8(2):193–204.
14. Masnipal M. Kontribusi Pelatihan dalam Meningkatkan Keterampilan Guru Membimbing Siswa Bermain Balok. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2021;6(3):1514–26.
15. Masnipal M. Model Pengembangan Kreativitas Melalui Permainan Konstruktif (PKPK) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia Dini. Ta’dib (jurnal Pendidik Islam. 2016;V:39–48.
Published
2024-08-13