Persepsi Orang Tua tentang Pembelajaran Calistung di Lembaga PAUD Non Formal
Abstract
Abstract. Learning to read, write, and count in early childhood education institutions is still a krontoversi for some parents. The study aims to gain an overview of parents' perceptions of learning to read, write, and count in the non-formal early childhood education institutions of the 3rd class of the Pangalengan. The method used in this research is a qualitative method and then the data obtained is analyzed with data reduction, data presentation, and final conclusion with the use of category tables. The results of the study describe that: 1) Parents' perception of reading learning in the institute of non-formal early childhood education group of 3 disabilities is a small part of parents stating that reading learning is often done. 2) Parents' perception of writing learning in the institute of Early Childhood Education non-formal group 3 disabilities Pangalengan is a major concern of parents stating that writing learning is often done. 3) Parents' perception of learning to calculate in the institute of early childhood education non-formal group 3 disabilities Pangalengan is a big part of parents stating that learning to compute is often done. The implications of this study help teachers and especially parents to pay more attention to how calistung learning should be done.
Abstrak. Pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung di lembaga PAUD masih menjadi krontoversi bagi sebagian orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang persepsi orang tua tentang pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung di lembaga PAUD non formal gugus 3 kecamatan Pangalengan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner, kemudian data yang diperoleh dianalasis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan akhir menggunakan tabel kategori. Hasil penelitian menggambarkan bahwa: 1) Persepsi orang tua tentang pembelajaran membaca di lembaga PAUD non formal gugus 3 kecamatan Pangalengan adalah sebagain kecil orang tua menyatakan bahwa pembelajaran membaca sering dilakukan. 2) Persepsi orang tua tentang pembelajaran menulis di lembaga PAUD non formal gugus 3 kecamatan Pangalengan adalah sebagain besar orang tua menyatakan bahwa pembelajaran menulis sering dilakukan. 3)Persepsi orang tua tentang pembelajaran berhitung di lembaga PAUD non formal gugus 3 kecamatan Pangalengan adalah sebagain besar orang tua menyatakan bahwa pembelajaran berhitung sering dilakukan. Implikasi penelitian ini membantu guru dan terutama orang tua untuk lebih memperhatikan bagaimana seharusnya pembelajaran calistung di lakukan.
References
[2] Kemendikbud. (2019a). Kemendikbud Tegaskan Penguasaan Baca, Tulis, dan Hitung Tidak Wajib bagi Anak PAUD. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/04/kemendikbud-tegaskan-penguasaan-baca-tulis-dan-hitung-tidak-wajib-bagi-anak-paud
[3] Kemendikbud. (2019b). PAUD Harus Tekankan Pendidikan Karakter, Bukan Calistung. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. PAUD Harus Tekankan Pendidikan Karakter, Bukan Calistung
[4] Masnipal. (2018). Menjadi guru PAUD profesional (A. Kholid (ed.); 1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.
[5] Masnipal, & Hakim, A. (2018). Pengantar Redaks. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).
[6] Masnipal, M. (2023). Ketertarikan Anak Usia Dini Belajar Matematika melalui Metode Pembelajaran Cahaya Indonesia ; Bermain Berbasis Buku-Merdeka Belajar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4166–4179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4223
[7] Pudjiati, & Masykouri, A. (2011). Mengasah Kecerdasan di Usia 0-2 tahun. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga,.
[8] Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini Learning of “ Calistung ” ( Reading , Writing , and Calculating ) for Early Childhood. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32505/atfaluna.v1i2.922
[9] Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Alfabeta.
[10] Wulandari, H., & Azizah, H. A. (2023). Penerapan calistung di paud. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7, 11–21.