Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dalam Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 tahun di TK Al-Muawanah Cimahi
Abstract
Abstract. Parents have parenting in the form of different parenting patterns in applying to their children. The role of parents in paying attention to children when children use gadgets is very important for their growth. Parents must show great attention by limiting children from playing gadgets. Children's emotional is a condition in which children experience physical changes that affect children's moods. Based on this phenomenon, the problems in this study are formulated as follows: (1) how is the description of parenting patterns given by parents in early childhood in the use of gadgets? (2) how is the description of children's emotional development in the use of gadgets? (3) how is the influence of parenting patterns in the use of gadgets on the emotional development of early childhood. Researchers used a correlation test using a quantitative approach. The population and sample in this research were parents of students at Al-Muawanah Cimahi Kindergarten, totaling 40 people. The data techniques used in this study were observation and questionnaires. The data analysis techniques used in this research were normality test and correlation test. The results of this study are parenting patterns in the use of gadgets obtained results that authoritative parenting is most widely by parents with a value of 59.71%. Emotional development in the use of gadgets obtained 87.5% that the child's achievements began to develop. There is a positive relationship between parenting patterns and children's emotional development in the use of gadgets, which is in the moderate category.
Abstrak. Orang tua mempunyai hak asuh anak dalam bentuk pola asuh yang berbeda dalam menerapkan nilai kepada anaknya. Peranan orang tua dalam memperhatikan anak ketika anak menggunakan gadget sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan nya. Munculnya gadget membuat orang tua tidak sadar menggunakan pola asuh seperti apa sehingga anak akan merasa bebas ketika bermain gadget. Orang tua harus menunjukkan perhatian dengan cara membatasi anak bermain gadget. Perkembangan emosional anak merupakan kondisi di mana anak mengalami perubahan secara fisik maupun mental yang memengaruhi suasana hati anak. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : (1) bagaimana gambaran pola asuh yang diberikan oleh orang tua pada anak usia dini dalam penggunaan gadget? (2) bagaimana gambaran perkembangan emosional anak dalam penggunaan gadget? (3) bagaimana pengaruh pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional anak usia dini?. Peneliti menggunakan uji korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah orang tua murid di TK Al-Muawanah Cimahi yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah uji normalitas dan uji korelasi. Hasil dari penelitian ini adalah pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget diperoleh hasil bahwa pola asuh otoritatif yang paling banyak diterapkan oleh orang tua dengan nilai 59,71%. Perkembangan emosional dalam penggunaan gadget diperoleh hasil 87,5% bahwa capaian anak mulai berkembang. Terdapat hubungan positif dan pengaruh antara pola asuh orang tua dan perkembangan emosional anak dalam penggunaan gadget yang termasuk kategori sedang.
References
[2] Aliah B. Purwakania Hasan, Psikologi Perkembangan Islami,Jakarta: Rajawali ,Press, 2006, h. 226
[3] Ariavita Purnamasari, Kamus Perkembangan Bayi & Balita,Jakarta: Erlangga,2005, h.110.
[4] Azwi, A. I., Yenni, Y., & Vianis, O. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Yang Menggunakan Gadget Pada Anak Usia Dini. REAL in Nursing Journal, 5(1), 24-36.
[5] Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Rineka Cipta.
[6] Dessy Anwar, Kamus lengkap bahasa Indonesia. (Surabaya: Amelia, 2005) hlm 151
[7] Dzulfadhilah, F. (2023). Psikoedukasi Peran Orang Tua Dalam Mengawasi Penggunaan Gadget Anak Usia Dini Di Era Digital. ECEJ: Early Childhood Education Journal, 1(1), 6-13.
[8] Fitriany, F., & Abidin, Z. (2018). Analysis of Strategic Factors Affecting the Success of Small Enterprises in South Sulawesi. KINERJA, 22(2), 113-125
[9] Harlina, D., Novitasari, V., Sari, M. N., AM, R. A., & Rianti, E. (2017). Sikap over protective orangtua terhadap perkembangan anak. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 2(2), 1-8.
[10] Husnul, N. R. I., Prasetya, E. R., Ajimat, A., & Purnomo, L. I. (2020). Statistik Deskriptif. Universitas Pamulang: Banten.
[11] Hibama S. Rahman, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Yogyakarta: Gala Lecy J Moleong, 2002
[12] Jannah, M. (2015). Tugas-tugas perkembangan pada usia kanak-kanak. Gender equality: International journal of child and gender studies,
[13] Jiu, C. K., Pratama, K., Pradika, J., Hartono, H., & Erwhani, I. (2022). Pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget pada anak usia dini selama masa pandemi covid-19. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
[14] Khadijah, M. A., & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini teori dan strateginya. Merdeka kreasi group.
[15] Khotimah, A. nurul. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Di TK AL Hidayah Plus Madiun.
[16] Khairiah, D. (2018). Assesmen Perkembangan Sosio-emosional Anak usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 1(2), 1-22.
[17] Latifa, Umi. (2017). Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar : Masalah Dan Perkembangannya. Journal of Multidisciplinary Studies, 1.2, 185–96
[18] Mira Yanti Lubis. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2.
[19] Maria, I., & Amalia, ER. 2018. Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai dengan Anak Usia 4-6 Tahun
[20] Marlina, E. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Padegogik, 3(2), 104–110
[21] Nabila, P. A., Sukamti, N., & Usman, A. M. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Dan Kemandirian Fisik Anak Usia Prasekolah 4-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Wilayah Meruyung
[22] Nikken, P., & Schols, M. (2015). How and Why Parents Guide the Media Use of Young Children. Journal of Child and Family Studies, 24
[23] Riana Mashar. (2021). Emosi Anak Usia Dini dan Pengembangannya. Kencana group
[24] Rahman, U. (2009). KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46-57.
[25] Singgih, G. J. (2013). Perbedaan kematangan sosial anak usia prasekolah di taman penitipan anak (TPA) X dan Y. Calyptra, 2(1), 1-12.
[26] Syaiful Bahri Djamarah, Pola Asuh Orang Tua Dan Komunikasi Dalam Keluarga (Jakarta: Rineka Cipta, 2014), hal. 51
[27] Sitti Aisyah dkk, Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional 2010), h.14-19.
[28] Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157-170.
[29] Sujianti, S. (2018). Hubungan Lama Dan Frekuensi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Di Tk Islam Al Irsyad 01 Cilacap. Jurnal Kebidanan, 8(1),
[30] Susanti, E. (2017). Korelasi Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Pola Asuh terhadap kemandirian anak dalam keluarga. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah-S1, 6(1), 13-23.
[31] Susanti, E. (2017). Korelasi Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Pola Asuh terhadap kemandirian anak dalam keluarga. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah-S1, 6(1), 13-23
[32] Wina, L., Yudiernawati, A., & Maemunah, N. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di TK Muslimat Ar-Rohmah Gading Kembar Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 1(1).
[33] Wily Dian Marcelina, “Model Pola Asuh Orang Tua Yang Melakukan Perkawinan Usia Muda Terhadap Anak Dalam Keluarga”, Skripsi (UIN Malik Ibrahim, Malang, 2014)
[34] Tatminingsih, S., & Cintasih, I. (2016). Hakikat anak usia dini. Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini, 1, 1-65.
[35] Tutia Rahmi. (2022). Skripsi. Peran Orangtua Dalam Membatasi Penggunaan Gadget Pada Anak- Anak Prasekolah Di Desa Keude Ulim Kecamatan Ulim. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam -Banda Aceh
Wina, L., Yudiernawati, A., & Maemunah, N. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di TK Muslimat Ar-Rohmah Gading Kembar Kecamatan Jabung Kabupaten Malang.