Manajemen Media PRFM Bandung Dalam Mempertahankan Eksistensi Radio

Studi Kasus Mengenai Manajemen Program PRFM Bandung

  • Fadhli Noor Alam Communication Management - Faculty of Communication
  • Endri Listiani
Keywords: Manajemen Media, Komunikasi Massa, Radio Eksistensi

Abstract

Absract. PRFM is a radio broadcast from Bandung, and is part of the Mind of the People Group, a newspaper network in West Java. This radio provides information and news about West Java and national news. There is also a more directive related to media management strategies in program management, namely cases that occur due to the rapid developments that occur in technology that have made the broadcasting industry reach a level of intense competition, so that good management and management are needed to win successful broadcast media competition. The purpose of this study was to determine the media management strategy used in dealing with media industry competition to maintain the existence of PRFM, the reasons for using the chosen strategy, and to find out the supports and obstacles during carrying out the overall strategy. So in this case the researcher intends to want to know also explore the Bandung PRFM Media Management in Maintaining Radio Existence. Researchers used qualitative research methods with a case study approach. The data collection technique chosen in this study used interviews, literature, and documentation. With the aim of exploring the PRFM Bandung Program Management. The subjects of this research with key informants are those who are in the general manager or who hold sustainability management in PRFM Bandung, while for supporting sources are deputy editors who process news before it is broadcast by broadcasters, and also stakeholders related to PRFM Bandung management. The application of media management at PRFM Bandung in maintaining its existence in the midst of competition in the broadcasting industry started the initial stage, namely with PRFM applying the concept of citizen journalism or #are our reporter. Furthermore, in the implementation of PRFM, one division can be merged with other divisions. The next stage is evaluation, which aims to ensure that every sector in the PRFM still understands the targets that must be achieved. Then the reason PRFM Bandung makes Citizen Journalism a concept in carrying out its media management strategy, among others, is based on making the public participate in processing news which PRFM believes is able to instill in the minds of the people that PRFM is a radio that can help the community as a medium of information. Then in the implementation of radio broadcasting, there are also obstacles and support that arise due to weaknesses and advantages in the radio itself. Apart from that, there are also obstacles and support that arise from the internal PRFM itself as well as external parties involved with PRFM such as the community and agencies. concerned or the police.


Abstrak. PRFM adalah radio yang disiarkan dari Bandung, dan merupakan bagian dari Pikiran Rakyat Group, jaringan surat kabar di Jawa Barat. Radio ini menyajikan informasi dan berita seputar Jawa Barat dan berita nasional. Ada pula yang lebih menjurus terkait strategi manajemen media dalam manajemen program yakni kasus yang terjadi diakibatkan oleh begitu pesatnya perkembangan yang terjadi dalam teknologi yang menjadikan industri penyiaran mencapai tingkat persaingan yang ketat, sehingga diperlukan pengelolaan maupun manajemen yang baik untuk memenangkan persaingan media penyiaran yang berhasil.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen media yang digunakan dalam menangani persaingan industri media untuk mempertahankan eksistensi PRFM, alasan menggunakan strategi yang dipilih, dan mengetahui dukungan dan hambatan selama menjalankan keseluruhan strategi. Maka dalam hal ini peneliti bermaksud ingin mengetahui juga mendalami Manajemen Media PRFM Bandung Dalam Mempertahankan Eksistensi Radio. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dipilih dalam penelitian ini menggunakan wawancara, literatur, dan dokumentasi. Dengan tujuan untuk mendalami Mengenai Manajemen Program PRFM Bandung. Subjek penelitian ini dengan key informant ialah pihak yang berada di bagian general manager atau yang memegang manajemen keberlangsungan dalam PRFM Bandung, sedangkan untuk narasumber pendukung ialah wakil pimpinan redaktur yang mengolah berita sebelum disiarkan oleh penyiar, dan juga stakeholder terkait dengan manajemen PRFM Bandung. Penerapan manajemen media PRFM Bandung dalam mempertahankan eksistensi nya ditengah persaingan industri penyiaran memulai tahapan awal yakni dengan PRFM menerapkan sebuah konsep citizen journalism atau #adalahreporterkami. Selanjutnya dalam pelaksanaan PRFM dapat meleburkan divisi satu dengan divisi lainnya. Tahapan selanjutnya merupakan evaluasi, yang bertujuan agar setiap sektor yang ada dalam PRFM tetap memahami target-target yang harus dicapai. Lalu alasan PRFM Bandung menjadikan Citizen Jurnalism ini sebagai konsep dalam menjalankan strategi manajemen media nya, diantaranya berlandaskan untuk menjadikan masyarakat ikut serta dalam mengolah berita yang diyakini PRFM mampu menanamkan di benak masyarakat bahwa PRFM adalah radio yang dapat membantu masyarakat sebagai media informasi. Lalu dalam pelaksanaan penyiaran radio terdapat pula hambatan dan dukungan yang muncul diakibatkan oleh kelemahan serta keunggulan dalam radio itu sendiri, Selain dari itu terdapat pula hambatan dan dukungan yang muncul dari internal PRFM nya sendiri juga pihak eksternal yang telibat dengan PRFM seperti masyarakat juga dinas-dinas terkait atau kepolisian.

 

Published
2022-01-23