Pengaruh Produk dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen Produk Screamous

  • Faza Al Izhari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Ferry Darrmawan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: Minat beli, Live Tiktok, Harga

Abstract

Abstract. The era of globalization affects the daily life of every individual because of the convenience offered by technology. In the business world, technology is used as a means of communication between sellers and buyers, especially in online transactions. Communication interactions between sellers and consumers which are currently becoming a market trend through the Tiktok application with live features. Sellers promote their products accompanied by providing information about the specifications and original form of the product. Many surveys state that TikTok's live media ranks high in the use of product promotion through social media. Consumers tend to be interested in products and their benefits with price considerations in making purchase transactions. Therefore, this research is expected to be able to determine the effect of product and price on consumer buying interest in screamo products. This research was conducted on 90 respondents who are consumers of screamous products. The results of the data obtained were processed using a quantitative descriptive method with data analysis techniques used including the classic assumption test, correlation test, multiple regression test and hypothesis testing, using the IBM SPS version 26 application. The results of this study indicate that there is a positive and significant influence between product and price variables on consumer buying interest variables. Due to the limitations of the variables used in the study, the researchers suggest adding independent variables such as the effect of discounts, payment systems and others for further research.

Abstrak. Era Globalisasi mempengaruhi kehidupan sehari – hari setiap individu dikarenakan kemudahan dari teknologi yang ditawarkan. Dalam dunia berbisnis, teknologi dijadikan sebagai sarana komunikasi antara penjual dan pembeli terkhusus pada transaksi online. Interaksi komunikasi antara penjual dan konsumen yang sedang menjadi tren pasar melalui aplikasi Tiktok dengan fitur live. Penjual mempromosikan produknya beserta pemberian informasi mengenai spesifikasi dan bentuk asli produk. Banyak survei yang menyatakan bahwa media live tiktok menduduki peringkat yang tinggi dalam pemanfaatan promosi produk melalui media sosial. Konsumen cenderung tertarik dengan produk beserta manfaatnya dengan pertimbangan harga dalam melakukan transaksi pembelian. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan ditemukan adanya pengaruh produk dan harga terhadap minat beli konsumen pada produk screamous. Penelitian ini dilakukan terhadap 90 orang responden yang merupakan konsumen produk screamous. Hasil data yang diperoleh diolah dengan metode deskriptif kuantitatif dengan teknis analisis data yang digunakan meliputi uji asumsi klasik, uji korelasi, uji regresi berganda dan uji hipotesis, menggunakan aplikasi IBM SPS versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel produk dan harga terhadap variabel minat beli konsumen. Dikarenakan keterbatasan variabel yang digunakan dalam penelitian, peneliti menyarankan untuk menambahkan variabel independent seperti pengaruh diskon, sistem pembayaran dan lain-lain untuk penelitian selanjutnya.

References

Arum Wahyuni Purbohastuti. 2017. Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Vol 12, No. 2.

Deni Darmawan. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mugniesyah SS. 2009. Materi kuliah pendidikan orang dewasa 3 Maret 2009 (Hasil Revisi Buku Tahun 2006).

Muhammad Fakhru Rizky NST, Hanifa Yasin. 2014. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. NAILAH ADI KURNIA SEI MENCIRIM Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis Vol 14 No. 02

Muh Asbar. 2022. Pengaruh Sosial Media Marketing Pada Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Pada ESANA STORE. Univeritas Muhammadiyah Makassar.

Mutaqqin Z. 2011. Facebook marketing dalam komunikasi pemasaran modern. Teknologi. Vol. 1 (No: 2) : Hal 103 – 109.

Nabila, dan Ahmad Rifani. 2010. Pengaruh Media Promosi Instagram Dan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi UKM Doctor Fashion Di Kota Banjarmasin).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Katly Novita. 2021. Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Baru Oleh BIGISSIMO.ID di Masa Pandemi. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Luh Kadek Budi Martini, Luh Komang Candra Dewi. 2021. Pengaruh Media Promosi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Kosumen, Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Denpasar.

Lukita Azizah, Janti Gunawan, dan Puti Sinansari. 2021. Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk Kosmetik di Indonesia. Vol. 10, No. 2

Published
2023-08-05