Daya Tarik Pesan pada Film Filosofi Kopi sebagai Media Informasi Kopi

  • Muhamad Fahmi Al-Fariz Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Satya Indra Karsa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: Daya Tarik Pesan, Film Sebagai Media Informasi

Abstract

Abstract. Udy, the research was conducted to determine the attractiveness of the message to the critoe community to find out whether the film adds insight to the community about the messages conveyed. And it is proven that the film adds insight to the group regarding information media for understanding coffeThe Attractiveness of Messages in Coffee Philosophy Films as Coffee Information Media; Supervisor Satya Indra Karsa, Drs., M.I. com. Movies make entertainment for the community in which there are several messages that aim to get the desired results. Dissemination of information on films is often carried out by directors so that the audience is interested in the film. The dissemination of information contained in the Filosofi Kopi film aims to understand coffee information which aims to make people understand coffee. This study explains the appeal of the message in the film, the appeal of the film is the understanding of the messages contained in the film which the director made for the audience to gain understanding for those who watch so that the film gets positive results. This study uses a quantitative method, namely in a descriptive ste.

Abstrak. Daya Tarik Pesan Pada Film Filosofi Kopi Sebagai Media Informasi Kopi; Dosen Pembimbing Satya Indra Karsa, Drs., M.I. Kom. Film menjadikan suatu hiburan bagi masyarakat yang dimana terdapat beberapa pesan yang bertujuan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Penyebaran informasi pada film sering terjadi dilakukan oleh sutrada agar penontonnya tertarik akan film tersebut. Penyebaran informasi yang terdapat pada film Filosofi Kopi ini bertujuan untuk pemahaman mengenai informasi – informasi kopi yang bertujuan untuk masyarakat memahami kopi. Penelitian ini menjelaskan mengenai Daya tarik pesan pada film, daya tarik pada film adalah pemahaman pesan – pesan yang ada pada film tersebut yang dimana dibuat oleh sutrada kepada penontonnya untuk mendapatkan pemahaman bagi yang menonton agar film tersebut mendapatkan hasil yang positif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu dalam studi deskriptif, penelitian yang dilakukan untuk mengetahui daya tarik pesan pada komunitas critoe community untuk mengetahui apakah film tersebut menambah wawasan kepada komunitas akan pesan – pesan yang disampaikan. Dan tersebukti film tersebut menambah wawasan kepada kelompok tersebut mengenai media informasi pemahaman kopi.

References

Kotler P. Manajemen Pemasaran [Internet]. Jakarta: Indeks; 2005. Available from: https://opac.perp Al Arif, M. Nur Rianto 2010. Dasar – Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung : Alfabeta.

Arief Wibowo. (2006). Kajian tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi denga Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Universitas Budi Luhur Jakarta

Abdul Rahman Shaleh dan Muhbin Abdul Wahab, Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam (Jakarta: Prenada Media, 2004, hal 263).

Arikunto S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Berger, C. R., Roloff, M. E., & Roskos-Ewoldsen, D,R, (2014). Handbook Ilmu Komunikasi. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Behrman, J., N., 1988. Essays on Ethics in Business and the Professions, Prenticehall, New Jersey, 96.

Coates , K., & Ellison, A. (2014). An introduction to information design. London: Laurence King Pusblishing Ltd.

Effendy Onong Uchjana (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Effendy Onong Uchjana (1998). Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komuikalogis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fajar Laksana, 2003. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: penerbit Graha Ilmu.

Hasan, I. (2006). Analisis Data Penelitian Denga Statistik. Jakarta: BumiAksara.

Sayuti, Solatun Dulah. Komunikasi Pemasaran Politik. Bandung PT Remasja Rosdakarya.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kasmir. (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tahun 2002 hal 585. Komunikasi Adalah Pengieiman dan Penerimaan Pesan atau Berita Antara Dua Orang atau Lebih.

Latifah (2015) Media Informasi memiliki karakteristik penyebaran yang berbeda antara media lini atas (above the line - media) dan media lini bawah (below the line - media).

Littlejohn, Stephen W Littlejohn dan Karen A Foss. (2009). Teori Komunikasi, Theories of Human Communication, Edisi 9, Jakarta: Salemba Humanika

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007

Mulyana Deddy.2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung PT Remaja Rosdakarya

Mulyadi, Nitisusatro. 2013 Perilaku Konsumen dalam perspektif kewirausahaan. Alfabeta: Bandung

Sukadiyanto, 2006. Konsentrasi dalam olahraga. Jurnal of sport sciences and fitness, Volume Edisi Agustus 2006.

Sudiman dalam Triyadi (2015) Media Informasi

Straubhaar, J., LaRose, R. & Davenport R., (2011). Media Now: Understanding Media, Culture, and Technology, 2011 Update Seventh Edition. Thomson-Wadsworth.

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Tayyari F, dan Smith, J.L. 1997. “Occupational Ergonomics :Prinsiples and Applications”. London: Chapman & Hall

Subjana 2001, Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production

Sugiyono. (2006), metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Published
2023-08-04