Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Wanita dalam Penggunaan Dating App Bumble

  • Nurjanah Raihan Yuviarin Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Aning Sofyan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: Keterbukaan Diri, Komunikasi Interpersonal, Aplikasi Kencan Bumble

Abstract

Abstract. With the times and increasingly advanced technology, individuals are looking for relationships and relationships through social media. Now humans can easily find friends and even a mate only through the internet. The presence of dating applications is an advancement in which single people can find a soul mate. But in carrying out interactions and even introductions, it requires self-disclosure with one another. Therefore, dating applications are applications that help in interpersonal communication. This study aims to find out how women disclose themselves through the Bumble dating application. Data collection techniques that will be carried out in this study are using field research observations, interviews, and documentation. The object of this research is the dating application Bumble. The subjects of this study were women in the city of Bandung who currently use or have used the dating application Bumble. This research method uses qualitative methods, and the approach taken uses a phenomenological approach. The theory used in this study is the theory of social penetration. The results of this study indicate that the motives for women's self-disclosure through the Bumble application are for the need for attachment and love (Belonginess and love needs), for the experience of women's self-disclosure through the Bumble application, there are women who continue serious relationships and also women who do not continue serious relationships and the meanings obtained are Impression Management, Privacy Boundaries, Different Experiences and Self Reflection.

Abstrak. Dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju, individu mencari relasi serta hubungan melalui sosial media. Kini manusia dapat dengan mudah mencari teman bahkan jodoh hanya melalui media internet. Hadirnya aplikasi kencan merupakan sebuah kemajuan yang dimana orang-orang yang lajang dapat menemukan pujaan hati. Namun dalam melakukan interaksi bahkan pengenalan, memerlukan keterbukaan diri satu sama lain. Maka dari itu, aplikasi kencan merupakan aplikasi yang membantu dalam melakukan komunikasi interpersonal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana wanita melakukan keterbukaan dirinya melalui aplikasi kencan Bumble. Teknik pengumpulan data yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian lapangan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah aplikasi kencan Bumble. Subjek dari penelitian ini yaitu wanita di kota Bandung yang sedang atau pernah menggunakan aplikasi kencan Bumble. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori penetrasi sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Motif keterbukaan diri wanita melalui aplikasi Bumble untuk kebutuhan akan keterikatan dan cinta (Belonginess and love needs), untuk pengalaman keterbukaan diri wanita melalui aplikasi Bumble adalah adanya wanita yang melanjutkan hubungan serius dan juga wanita yang tidak melanjutkan hubungan serius dan makna yang diperoleh ialah Impression Management, Batasan Privasi (Privacy Boundaries), Pengalaman Berbeda dan Self Reflection.

References

AGUSTINA, R. (2022). Implementasi Pemanfaatan Media Sosial Instagram Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 54 Palembang (Doctoral dissertation, UIN RADEN FATAH PALEMBANG).

Sarmiati, E. R. R. (2019). Komunikasi Interpersonal. Malang: CV IRDH.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan – Metode dan Paradigma Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/media%20sosial, akses tanggal 23 April 2018 pukul 07.21

DeVito, Joseph. 1996. Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional Books.

Deddy Mulyana, 2000, Ilmu komunikasai suatu pengantar, (Bandung: Remaja Rosada), Hal.81

Dredge, S. (2015). Tinder Hits Back at Research Claiming 42% of its Users Have Partners. https://www.theguardian.com/technology/2015/may/08/ti nder-hits-back-research-users-partnersmarried#:~:text=Tinder hits back at research claiming 42%25 of its users have partners,-This article is&text=Dating app Tinder has rejected,married or in a relation

Erikson, E. H. (1993). Childhood and Society. W. W. Norton.

Harjuningsih, Y. A. (2018). Pola Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga Broken Home (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Malang) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Harre, Rom & Roger Lamb. 1996. Ensiklopedi Psikologi, Terjemahan Ediati Kamil. Jakarta: Arcan.

Hidayat, Dedy. 2003. Paradigma Komunikasi Antarpribadi dan medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu

Moloeng, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muri yusuf. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, Jakarta: PT. Kencana Prenamedia Grup

Nadine, E. R., & Ramadhana, M. R. (2021). Keterbukaan Diri Remaja Perempuan Pengguna Aplikasi Kencan Online Tinder Di Bandung. eProceedings of Management, 8(2).

Oktavianti, M. A. (2018). Instagram Stories sebagai media Self Disclosure mahasiswa Ilmu Papu, J. (2002). Pengungkapan diri.

Puspitasari, I., & Aprilia, M. P. (2022). Penetrasi Sosial dalam Mencari Pasangan Pada Aplikasi Kencan Online Bumble. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(3), 196-211.

Puteri, A. S. " Self Disclosure Generasi Z Melalui Tiktok (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Rakhmat, Jalaludin Psikologi Komunikasi edisi revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2018

Sears, David O & Jonathan L. Freedman. 1988. Psikologi Sosial: Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, Dr. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vilien, L. M. Studi Fenomenologi: Perilaku Self Disclosure Pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial Twitter.

Wulandari, A. (2021). Analisis Keterbukaan Diri (Self Disclosure): Studi Fenomenologi Pengguna Aplikasi Online Dating Tinder. Skripsi). Diambil dari https://repository. upnvj. ac. id/16145.

Published
2023-08-04