Pesan dan Media Kegiatan Kampanye #onedayonetrashbag dalam Menginspirasi Kesadaran Lingkungan Masyarakat

  • Salsabila Rizqiya Fitriani Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Indri Rachmawati Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: Pandawaragroup, #onedayonetrashbag, Kesadaran Lingkungan

Abstract

Abstract. Pandawaragroup is a content creator engaged in the field of environmental cleanliness creating the #Onedayonetrashbag campaign which aims to foster community Environmental Awareness with this campaign Pandawaragroup while introducing to the public that the #Onedayonetrashbag campaign is really an activity that cares about the environment. which aims to foster community Environmental Awareness in an effort to protect the environment by disposing of waste in its place and being responsible. In addition, with this campaign Pandawaragroup also introduces to the public that the #Onedayonetrashbag campaign is truly an environmentally friendly activity. Based on this statement, the problem identification in this research is as follows: How does pandawaragroup's #onedayonetrashbag campaign inspire environmental awareness in the community?Researchers used the Determination coefficient analysis method using a quantitative approach. The population selected in this study were people who participated in the #onedayonetrashbag campaign activities, totaling 80 respondents. With sampling techniques using total sampling. The data collection techniques used in this study were questionnaires, interviews and literature studies. The results of the study showed that there was an influence of the message from the #onedayonetrashbag Pandawaragroup campaign activities in inspiring public environmental awareness. This is in line with the statement that exposure from a media is able to have a deep impact on its audience. The existence of persuasive messages that have been presented in such a way can trigger changes in behavior, attitudes, views and perceptions.

Abstrak. Pandawaragroup merupakan Konten kreator yang bergerak di bidang kebersihan lingkungan membuat kampanye #Onedayonetrashbag yang bertujuan untuk menumbuhkan Kesadaran Lingkungan masyarakat dengan adanya kampanye ini Pandawaragroup sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat bahwa kampanye #Onedayonetrashbag ini benar-benar kegiatan yang peduli lingkungan. yang bertujuan untuk menumbuhkan Kesadaran Lingkungan masyarakat dalam usaha menjaga lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan bertanggung jawab. Selain itu, dengan adanya kampanye ini Pandawaragroup sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat bahwa kampanye #Onedayonetrashbag ini benar-benar kegiatan yang peduli lingkungan. Berdasarkan pernyataan tersebut maka rumusan masalah dan penelitian ini sebagai berikut: “Bagaimana pengaruh kampanye #onedayonetrashbag pandawaragroup dalam menginsipirasi kesadaran lingkungan terhadap masyarakat? Peneliti menggunakan Metode Analisis koefisien Determinasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah Masyarat yang mengikuti kegiatan kampanye #onedayonetrashbag yang berjumlah 80 responden. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Hasil dari penelitian terlihat bahwa terdapat pengaruh pesan dari kegiatan kampanye #onedayonetrasbag Pandawaragroup dalam menginspirasi kesadaran lingkungan masyarakat. Hal ini selaras dengan pernyataan bahwa terpaan dari suatu media mampu memberikan dampak yang dalam bagi penontonnya. Adanya pesan- pesan yang bersifat persuasif yang terlah disajikan sedemikian rupa dapat memicu terjadinya perubahan perilaku, sikap, pandangan maupun persepsi.

References

[1] Aribadelanti, F., & Rachamawti, I. (2019). Pengaruh Kampanye Earth Hour terhadap Sikap Siswa. Prosiding Manajemen Komunikasi, 667-672.
[2] Johnson, E., Williams, K., & Lee, S. (2023). The Role of Social Media in Promoting Environmental Awareness Campaigns. Journal of Social Marketing, 56(4), 321-338 Johnson, E., Williams, K., & Lee, S. (2023). The Role of Social Media in Promoting Environmental Awareness Campaigns. Journal of Social Marketing, 56(4), 321-338
[3] Jones, R., Williams, M., & Davis, S. (2022). The Role of Social Media in Environmental Campaigns: An Exploratory Study. Environmental Communication, 39(4), 310-328.
[4] Kriyantono, R. (2020). Teknis praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif. Prenadamedia Group
[5] Lee, S., Kim, J., & Park, H. (2022). The Influence of Environmental Campaign Messages on Public Awareness and Behavioral Intentions. Journal of Environmental Communication, 40(2), 145-162.
[6] Miranti, A. R., & Rachamawti, I. (2019). Hubungan Kampanye BTS X UNICEF'Love Myself'dengan Sikap Suportif Adorable Representative MC for Youth Bandung. Prosiding Manajemen Komunikasi, 589-595.
[7] Venus, Antar. (2018). Manajemen Kampanye Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi Publik Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Published
2023-08-04