Strategi Promosi Hotel untuk Menjaga Daya Tarik Pelanggan Agar Tetap Stabil

  • Nabila Secioria Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Neni Yulianita Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: Strategi, Promosi, Daya Tarik

Abstract

Abstract. The city of Bandung is known for its many historical monuments andbuildings which make it a special attraction for everyone who will come to the city of Bandung. Sales&Marketing De Braga by Artotel has the goal of getting profit and maintaining its business so that the hotel carries out various promotional strategies. In this study, researchers used qualitative research mode, which is a research process to understand the problems that occur. In this study, researchers sought in-depth information by interviewing 1 General Manager, 1 Sales & Marketing Manager and 1 Hotel customer. The author finds uniqueness that must be explored in this study, especially in the promotion process, the author chooses the case study research method. With the aim of analyzing the marketing strategy at the De Braga by Artotel hotel to maintain customer attractiveness and to find out how De Braga by Artotel collaborates with artists. The promotion strategy carried out by De Braga by Artotel holds solo exhibitions and holds different events every day to increase customer appeal, but De Braga by Artotel also maintains and increases its existence by collaborating with other agencies such as television, production houses, radio, concerts music. De Braga by Artotel uses a promotional strategy to increase customer attractiveness by holding solo exhibitions and different events every day which are open to the public and can attract customers to stay and enjoy all hotel facilities.

Abstrak. Kota Bandung dikenal dengan banyaknya monument dan bangunan yang bersejarah yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang akan datang ke kota Bandung. Sales dan Marketing De Braga by Artotel memiliki tujuan untuk mendapatkan profit dan mempertahankan usahanya dengan begitu pihak hotel melakukan berbagai strategi promosi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan mode penelitian kualitatif, yang merupakan sebuah proses penelitian untuk memahami masalah-masalah yang terjadi. Pada penelitian ini peneliti mencari informasi yang mendalam dengan cara mewawancarai 1 orang General Manager,1 orang Manager Sales&Marketing dan 1 orang pelanggan Hotel. Penulis menemukan keunikan yang harus digali dalam penelitian ini khususnya pada proses promosi, penulis memilih metode penelitian studi kasus. Dengan memiliki tujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada hotel De Braga by Artotel untuk menjaga daya tarik pelanggan dan untuk mengetahui bagaimana cara De Braga by Artotel menjalin kerjasama dengan seniman. Strategi promosi yang dilakukan oleh De Braga by Artotel mengadakan pameran tunggal dan mengadakan acara yang berbeda setiap harinya untuk meningkatkan daya tarik pelanggan, tetapi De Braga by Artotel juga masih menjaga dan meningkatkan eksistensinya dengan bekerjasama dengan instansi lain seperti tv, production house, radio, konser music. De Braga by Artotel menggunakan strategi promosi untuk meningkatkan dya tarik pelanggan dengan cara mengadakan pameran tunggal dan acara yang berbeda setiap harinya yang dibuka untuk umum dan dapat menarik daya tarik pelanggan untuk menginap dan menikmati seluruh fasilitas hotel.

References

[1] Morissan. 2006. Pengantar Public Relations – Strategi Menjadi Humas Profesional, Tanggerang: Penerbit Ramdina Prakasa
[2] Daryanto, dan Hasiholan, L. B. The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak “Setiabudi”Pak Man Semarang. Journal of Management, Vol. 6, No. 5, 2019.
[3] Gary Amstrong ,Kotler, Philip 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
[4] Daryanto, dan Hasiholan, L. B. The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak “Setiabudi”Pak Man Semarang. Journal of Management, Vol. 6, No. 5, 2019.
[5] Daryanto, L. H., dan Hasiholan, L. B. The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak “Setiabudi”Pak Man Semarang. Journal of Management, Vol. 5, No. 5, 2019.
[6] Daryanto, L. H., dan Hasiholan, L. B. The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak “Setiabudi”Pak Man Semarang. Journal of Management, Vol. 5, No. 5, 2019.
[7]FandyTjiptono, Strategi Pemasaran, Edisi II, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 1996
[8] Gary Amstrong ,Kotler, Philip 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
[9]FandyTjiptono, Strategi Pemasaran, Edisi II, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 1996
[10]Winardi, Manajemen pemasaran, Cetakan Pertama, Penerbit CV. Sinar baru, Bandung 1995
[11] Gary Amstrong ,Kotler, Philip 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
[12]Gary, Armstrong. Kotler, P., (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (12ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga
[13] Gary, Armstrong. Kotler, P., (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (12ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga
[14] Miles & Huberman. Analisis Data Kualitatif Terjemahan oleh tjeptjep Rohidi, 2009. Jakarta: UI-Press
[15] Yulianita, Neni. (2012). Dasar-dasar Public Relations (Bandung:p24-LPPM Unisba, 2012) h.21

[16] Pearce II, John A. dan Robinson Richard B.Jr. (2008). Manajemen Strategis 10. Salemba Empat.Jakarta
[17] Silaban, P. H., Silalahi, A. D., Octoyuda, E., & Sinaga, D. (2020). Pengaruh Aksesibilitas Dan Daya Tarik Terhadap Loyalitas Wisata Dengan Amenitas Sebagai Variabel Intervening Pada Destinasi Wisata Tuk-Tuk Siadong Kabupaten Samosir. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 241-246.
[18] Litra Diantara,. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Orientasi Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Fajar Riau Wisata Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 5(2), 100-105.
[19] Yamit, Zulian. 1996. Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Pertama, Penerbit Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.
[20]Marlina, Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Guided Discovery dalam Materi Kerja Sama pada Siswa Kelas V SD Negeri 133 Halmahera Selatan. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1), 53-60.
[21] Abdulsyani, Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan, Jakarta: Bumi Aksara, 1994 h. 156.
Published
2023-08-04