Pemilihan Influencer Foodvloger di Tiktok pada Produk Simply Seoul

Studi Kasus: Pada Produk Simply Seoul

  • Akmal Fadhlurrohman Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Indri Rachmawati Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: Influencer, Marketing, Pemasaran

Abstract

ABSTARCT. This research was conducted to answer the question of how social media marketing strategies through TikTok influencers can enhance product popularity and reach a wider target market. This research utilized the marketing mix theory by Kotler and Armstrong (2016:47) as the foundation for designing marketing strategies through TikTok influencers. The research employed a qualitative approach with a case study method. The study involved four informants, consisting of one owner and three consumers. Data collection was conducted through interviews. The findings of the research indicate that the use of TikTok influencers can enhance product popularity and reach a wider target market. In this case study, the utilization of TikTok influencers has helped Simply Seoul build product image and increase sales. Additionally. The conclusion of this research is that the use of TikTok influencers can be an effective marketing strategy for specific products. This research contributes to the development of knowledge regarding social media marketing strategies through TikTok influencers and can serve as a reference for companies in designing effective marketing strategies.

ABSTRAK. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana strategi pemasaran media sosial melalui influencer Tiktok dapat meningkatkan popularitas produk dan mencapai target pasar yang lebih luas. Penelitian ini menggunakan teori bauran pemasaran oleh Kotler dan Armstrong (2016:47) sebagai dasar dalam merancang strategi pemasaran melalui influencer Tiktok. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Jumlah informan pada penelitian ini berjumlah 4 orang, terdiri dari 1 owner dan 3 konsumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan influencer Tiktok dapat meningkatkan popularitas produk dan mencapai target pasar yang lebih luas. Dalam studi kasus ini, penggunaan influencer Tiktok membantu Simply Seoul dalam membangun citra produk dan meningkatkan penjualan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan influencer Tiktok dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif untuk produk tertentu. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan pengetahuan tentang strategi pemasaran media sosial melalui influencer Tiktok dan dapat menjadi referensi bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang efektif.

References

Brown Duncan & Hayes, Nick. 2018. Influencer Marketing, Who Really Influences, Your Customer, UK:Elsevier Ltd.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Gary, Armstrong. Kotler, P., (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (12ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga

FandyTjiptono, Strategi Pemasaran, Edisi II, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 1996

Winardi, Manajemen pemasaran, Cetakan Pertama, Penerbit CV. Sinar baru, Bandung 1995

Gary, Armstrong. Kotler, P., (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (12ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga

Marcellino, Z., & Rachmawati, I. (2019). Hubungan Fiersa Besari sebagai Brand Ambassador Eiger Adventure dengan Minat Beli Komunitas Pendaki Gunung Bandung. Prosiding Manajemen Komunikasi, 173-179.

Marcellino, Z., & Rachmawati, I. (2019). Hubungan Fiersa Besari sebagai Brand Ambassador Eiger Adventure dengan Minat Beli Komunitas Pendaki Gunung Bandung. Prosiding Manajemen Komunikasi, 173-179.

Pearce II, John A. dan Robinson Richard B.Jr. (2008). Manajemen Strategis 10. Salemba Empat.Jakarta

Gary Amstrong, Kotler, Philip 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Published
2023-08-03