Representasi Komunikasi Kepemimpinan dalam Film

  • Yuda Sudrajat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Firmansyah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: Film, Komunikasi, Kepemimpinan

Abstract

Abstract. One of the mass communication media (Mass Communication Media) that currently attracts a lot of public attention, one of which is film. Every film produced must display a message contained in it addressed to the audience, one of which is a message of representation of leadership communication or leadership. This study discusses how the representation of leadership communication in groups in the Korean drama film Big Mouth. The purpose of this study is to look at the level of reality, level of representation and level of ideology that represents leadership communication in the group contained in the Korean Drama film "Big Mouth". The method used in this study is qualitative with and uses John Fiske's semiotic approach. The results showed the main character, Park Chang-Ho, as a representation of leadership in the group in carrying out various aspects of being a leader in his group. Group communication that occurs in this film represents how the figure of a leader in a group is formed.Level of Reality, which appears mostly seen from the aspect of speech (speech) and aspects of expression, Level of Representation that appears mostly seen from the aspect of the character of a leader  and the level of Ideology that emerges is  leadership with a leadership communication style that is The Controlling Style   which is a controlling communication style and leadership communication style The Equalitarian Style is based on equality or equality.

Abstrak. Salah satu media komunikasi massa (Mass Comunication Media) yang sekarang ini menarik banyak perhatian masyarakat salah satunya dalah film. Setiap film yang diproduksi pasti menampilkan suatu pesan yang terkandung didalamnya yang ditujukan kepada penontonnya, salah satunya adalah pesan representasi komunikasi kepemimpinan atau leadership. Pada penelitian ini membahas bagaimana representasi komunikasi kepemimpinan dalam kelompok pada film drama korea Big Mouth. Tujuan dari penelitian ini yaitu melihat level realitas, level representasi dan level ideologi yang merepresentasikan komunikasi kepemimpinan dalam kelompok yang terdapat pada film Drama Korea “Big Mouth”. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif dengan dan menggunakan pendekatan semiotika John Fiske. Hasil penelitian menunjukan tokoh utama yaitu Park Chang-Ho sebagai representasi kepemimpinan dalam kelompok dalam melakukan berbagai aspek yang menjadi pemimpin dalam kelompoknya. Komunikasi kelompok yang terjadi pada film ini mereprensentasikan bagaimana sosok seorang pemimpin dalam sebuah kelompok terbentuk. Level Realitas, yang muncul sebagian besar terlihat dari aspek Cara Bicara (speech) dan aspek ekspresi, Level Representasi yang muncul sebagian besar terlihat dari aspek karakter seorang pemimpin dan level Ideologi yang muncul adalah kepemimpinan dengan gaya komunikasi kepemimpinan yang The Controlling Style yang merupakan gaya komunikasi yang bersifat mengendalikan dan gaya komunikasi kepemimpinan The Equalitarian Style landasannya adalah kesamaan atau kesetaraan.

References

Alfathoni, M.A.M (ed). 2022. Pengantar Teori Semiotika. Bandung. CV. Media Sains Indonesia.

Alvin A. Goldberg dan Carl E. Larson, Komunikasi Kelompok, (Jakarta: UI-press, 2011).

Fiske, John. 2007. Cultural and Communication Studies Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Mukarom, Zaenal. 2020. Teori-teori Komunikasi. Bandung. Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Nasrullah, Nazsir, R. 2008. Dinamika Kelompok dan Kepemimpinan. Bandung: Widya Padjajaran.

Rakhmat, Jalaludidn. 1978. Teori-teori Komunikasi. Bandung: CV Remadja Karya.

Ridwan, Muhammad. 2021. “Analisis Semiotika John Fiske Diskriminasi Ras Kulit Hitam Pada Film The Hate U Give”. Disertasi. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

Sobur, Alex. 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published
2023-07-28