Analisis Aktifitas Promosi Berawal Coffee Melalui Media Sosial Instagram Dimasa Pandemi Covid-19

  • Aubrey Indallah Syihaboeddin Universitas Islam Bandung
  • Aning Sofyan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: Promosi, Media Sosial, Pandemi covid-19

Abstract

Abstract. Promotion is an activity carried out to introduce a product or service so that it can attract public interest. Promotional activities are carried out so that the products sold can be well received by the public so that people can participate in buying or using them. Starting Coffee is one of the business people in the cafe or commonly called a coffee shop that plays a role in promotional activities to sell the products they have. Starting Coffee was founded in 2019 until now and had temporarily closed the place due to the covid-19 pandemic, then Berawal Coffee was reopening in early 2021 with a new concept, place, and atmosphere. The purposes of this study are (1) to find out the reason for Berawal Coffee to re-open its place during the covid-19 pandemic, (2) to find out how the form of marketing used by Berawal Coffee in marketing its place, (3) to find out what obstacles Berawal coffee experienced. Coffee in marketing its Instagram social media products. The results of this study are (1) Berawal Coffee reopened its place in the midst of a pandemic because of the economic needs of the owner and his workers, as well as for the progress of Berawal Coffee. (2) The form of marketing used by Berawal Coffee in Instagram social media is being more active on Instagram, diligently creating content, making promos on online motorcycle taxis, making new packaging bottles for take away. (3) The obstacles that exist in the promotion process of Berawal Coffee on Instagram social media during the covid-19 pandemic are that many competitors use Instagram as a tool to promote their products.

Abstrak. Promosi adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengenalkan suatu barang atau jasa sehingga bisa menarik minat masyarakat. Kegiatan promosi dilakukan supaya produk yang dijual dapat diterima dengan baik oleh masyarakat sehingga masyarakat dapat ikut membeli atau menggunakannya. Berawal Coffee adalah salah satu pelaku bisnis dibidang cafe atau biasa disebut coffee shop yang berperan dalam kegiatan promosi untuk mejual produk yang mereka miliki. Berawal Coffee berdiri pada tahu 2019 sampai sekarang dan sempat menutup tempatnya sementara karena adanya pandemi covid-19, lalu Berawal Coffe buka kembali diawal 2021 dengan konsep, tempat, dan suasana yang baru. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui alasan Berawal coffee membuka ulang tempatnya dalam masa pandemi covid-19, (2) Untuk mengetahui bagaimana bentuk marketing yang digunakan Berawal Coffee dalam memasarkan tempatnya, (3) Untuk mengetahui hambatan apa saja yang dialami Berawal Coffee dalam memasarkan produknya media sosia instagram. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Berawal Coffee membuka kembali tempatnya ditengah masa pandemi karena kebutuhan ekonomi sang owner dan pekerjanya, juga demi kemajuan pada Berawal Coffee. (2) Bentuk marketing yang digunakan oleh Berawal Coffee dalam media sosial instagram yakni, menjadi lebih aktif di instagram, rajin membuat konten, membuat promo di ojek onlin, membuat botol kemasan baru untuk di take away. (3) Hambatan yang ada dalam proses promosi Berawal Coffee di media sosial instagram selama masa pandemi covid-19 adalah, banyaknya pesaing yang sama sama menggunakan media sosial intagram sebagai alat untuk mempromosikan produknya.

Published
2023-01-28