Pengaruh Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Followers

  • Delia Yolandita Ilmu Komunikasi ( Manajemen Komunikasi)
  • Zulfebriges
Keywords: Uses and Gratifications, Kualitas Informasi, Kepuasan Informasi

Abstract

Abstract. The development of mass media is currently very oriented towards practicality so that it can balance people's lifestyles in terms of access. The presence of the internet network is very helpful for the practicality needed by the community. The internet also makes it easier for people to find information and receive information not only in one direction but also giving each other reciprocity or we known as two way communication. Social media comes with both of these communication properties. One of the social media is Instagram, where Instagram provides a different presentation of information compared to other social media. Information must fulfill individual needs. Therefore, the importance of this research was conducted is to determine the effect of the quality of the information provided and the satisfaction of the recipient of the information on the information provided.  This study goal is to determine how the influence of @gggrammars' information quality on followers' satisfaction regarding event activity information using a quantitative approach with the path analysis method. Teori yang digunakan adalah teori Uses & gratifications 2.0 dengan model MAIN oleh Sundar & Limperos. The sample in this study is the followers of the @gggrammars account as many as 93 respondents generated from 1.263  populations using the Taro Yamane formula. Data collection techniques in this study were carried out by questionnaires and literature study. The result of this study indicate that quality of information on the @gggrammars Instagram account which includes intrinsic, contextual, accessibility and information presentation dimensions significantly influences followers’ satisfacations with information about events mediated by intensity of use of @gggrammars. In addition, the quality of @gggrammars Instagram account information has a simultaneous effect on followers’ satisfaction with information about events with the use of @gggrammars as an intermediate variable.

Abstrak. Perkembangan media massa saat ini sangat berorientasi pada kepraktisan sehingga dapat mengimbangi gaya hidup masyarakat dari segi akses. Hadirnya jaringan internet sangat membantu kepraktisan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Internet juga memudahkan masyarakat dalam mencari informasi maupun menerima informasi tidak hanya satu arah tetapi juga saling memberikan timbal balik atau istilahnya komunikasi dua arah. Media sosial hadir dengan kedua sifat komunikasi tersebut. Salah satu media sosialnya adalah Instagram dimana Instagram memberikan penyajian informasi yang berbeda dibandingkan media sosial lainnya Informasi harus memenuhi kebutuhan individu. Maka dari itu pentingnya penelitian ini dilakukan yaitu agar mengetahui pengaruh kualitas informasi yang diberikan dan kepuasan penerima informasi terhadap informasi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pengaruh kualitas informasi @gggrammars terhadap kepuasan followers tentang informasi kegiatan event yang menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan Metode Analisis Jalur. Teori yang digunakan adalah teori Uses & gratifications 2.0 dengan model MAIN oleh Sundar & Limperos. Sampel pada penelitian ini merupakan followers dari akun @gggrammars sebanyak 93 responden yang dihasilkan dari 1.263 populasi dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan kuisioner dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa kualitas informasi pada akun Instagram @gggrammars yang meliputi dimensi intrinsic, kontekstual, aksesibilitas, dan penyajian informasi berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan followers akan informasi tentang event yang dimediasi oleh intensitas penggunaan @gggrammars. Selain itu, kualitas informasi akun Instagram @gggrammars berpengaruh secara simultan terhadap kepuasam followers akan informasi tentang event dengan adanya penggunaan @gggrammars sebagai variabel antara.

Published
2023-01-28