Penggunaan Konten Jumat Berkah di Instagram

  • Muhamad Adam Febriyana Ilmu Komunikasi
  • Indri Rachmawati Manajemen Komunikasi
Keywords: Promosi, Media Sosial, Instagram

Abstract

Abstract. Business competition between competitors is entering a new era, where a business modifies the way of promotion through content that provides a stimulus to its customers. Regarding this research, PSstore uses Instagram social media in carrying out its promotional activities in a different way from its competitors, namely sharing blessings and happiness through jumat berkah content on Instagram @pstore_bandung. This study aims to find out how the content planning process, barriers to implementing promotional strategies, distribution processes, and reasons for using Instagram social media. This study uses a qualitative method with a case study approach, constructivism paradigm and data collection techniques, namely observation, interviews and documentation. In addition, the researcher used the validity test by using triangulation of sources, techniques, and time. Then this study uses the theory of The Circular Model of SoMe as a reference and to strengthen the research. The result of this research is that the Bandung PSstore in the planning has the intent and purpose of the content concept which is considered according to the two factors, namely the moment and the availability of the product which is the basis for creating content. Then the content distribution is a form of management of three users on one Instagram social media account. This management is useful for maximizing responsiveness and response speed in the form of content publications and replies that become consumer responses. There are also obstacles to the implementation of the blessing jumat berkah which is used as a promotional strategy by Pstore Bandung. These obstacles are influenced by external constraints, namely weather and community conditions, internal constraints, namely product availability, and communication media constraints, namely media/application limitations. The reason PSstore Bandung uses Friday's content to increase sales promotions. In this use there is reciprocity or feedback that can be obtained, namely a positive response from the views and assessments of the community and an increase in product sales from buying behavior by consumers

Abstrak. Persaingan bisnis antar kompetitor memasuki era baru, dimana sebuah bisnis memodifikasi cara promosi melalui konten yang memberikan stimulus pada pelanggannya. Terkait penelitian ini, PStore menggunakan media sosial Instagram dalam melakukan kegiatan promosinya melalui cara yang berbeda dengan kompertitornya, yaitu berbagi keberkahan dan kebahagiaan melalui konten jumat berkah di Instagram @pstore_bandung. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan konten, hambatan pelaksanaan strategi promosi, proses distribusi, dan alasan menggunakan media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, paradigma konstruktivisme dan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu, peneliti menggunakan uji keabsahan dengan teknik triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Kemudian penelitian ini menggunakan teori The Circular Model of SoMe sebagai rujukan serta untuk memperkuat penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu PStore Bandung dalam perencanaan tersebut terdapat maksud dan tujuan dari konsep konten yang dipertimbangkan sesuai kedua faktor yaitu moment dan ketersediaan produk yang menjadi dasar pembuatan konten. Kemudian distribusi konten tedapat bentuk pengelolaan dari tiga pengguna terhadap satu akun media sosial Instagram. Pengelolaan ini berguna untuk memaksimalkan ketanggapan dan kecepatan respon berupa publikasi konten maupun balasan yang menjadi respon konsumen. Terdapat juga hambatan pelaksanaan konten jumat berkah yang dijadikan strategi promosi oleh PStore Bandung. hambatan tersebut dipengaruhi oleh kendala eksternal yaitu cuaca dan kondisi masyarakat, kendala internal yaitu ketersediaan produk, dan kendala media komunikasi yaitu keterbatasan media/aplikasi. Alasan PStore Bandung menggunakan konten jumat berkah dalam meningkatkan promosi penjualan. Pada penggunaan tersebut terdapat timbal balik atau feedback yang di dapat yaitu respon postif dari pandangan dan penilaian masyarakat dan peningkatan penjualan produk dari prilaku pembelian oleh konsumen.

Published
2023-01-28