Pengaruh Product Placement Permen Kopiko Coffee Candy terhadap Keputusan Pembelian

  • Muharram Rafi Syauqi Alwan Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Zulfebriges
Keywords: Product Placement, Keputusan Pembelian, Drama Korea

Abstract

Abstract. This study aims to find out how product placement and purchase decisions are, and to find out how product placement influences purchasing decisions on Vincenzo's Korean Drama on Twitter Followers @kdrama_menfess. The factors tested in this study were product placement as an independent variable. While the purchase decision as the dependent variable. The theory used in this research is the theory of marketing communication (marketing mix) 4P which one product placement becomes the stimulus, followers twitter @Kdrama_menfess becomes the Oganism, purchase decision to be a Response. The research method used in this research is quantitative method with a regression and correlational approac. The population in this study is the followers of the @kdrama_menfess account on Twitter social media, totaling four hundred and three thousand followers (424,000. This number can change at any time). The sampling technique used in this study is a non-probability sampling technique with purposive sampling method, and uses the Slovin formula, so that the sample in this study is 100 people. The analytical method used in this study is simple linear regression analysis at a significance level of 10%. The program used in analyzing the data uses SPSS Ver.25.00. Based on the results of the study, it shows that product placement has an effect on purchasing decisions in Vincenzo Korean Drama on Twitter Followers @kdrama_menfess. In addition, the magnitude of the influence of product placement in contributing to the purchase decision is 66.1%

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana product placement dan keputusan pembelian, serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh product placement terhadap keputusan pembelian pada Drama Korea Vincenzo Terhadap Follower Twitter @kdrama_menfess. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah product placement sebagai variabel independen. Sedangkan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori komunikasi pemasaran (marketing mix) 4P yang mana product placemen menjadi stimulus, follower twitter @kdrama_menfess menjadi Organism, dan keputusan pembelian sebagai response. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan regresi dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah followers akun @kdrama_menfess pada media sosial Twitter yang berjumlah empat ratus tiga ribu follower (424.000. jumlah ini dapat berubah sewaktu-waktu). Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling, serta menggunakan rumus slovin, sehingga sampel dalam penelitian sebanyak 100 orang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana pada taraf signifikansi sebesar 10%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan SPSS Ver.25.00. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa product placement berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Drama Korea Vincenzo Terhadap Follower Twitter @kdrama_menfess. Selain itu besarnya pengaruh product placement dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 66,1%.

Published
2023-01-28