Hubungan Konten Instagram sebagai Media Promosi Fashion Muslim dengan Keputusan Pembelian Followers

  • Rifky Ariq Septiardi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Rini Rinawati MANAJEMEN KOMUNIKASI , FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
Keywords: Konten Instagram, Keputusan Pembelian, Fashion Muslim

Abstract

Abstract. Instagram is one of the most popular platforms in Indonesia, this is an opportunity to carry out promotional activities. Likewise with the @bilal_idn account which is a men's Muslim clothing business using Instagram as a promotional medium through uploaded content, @bilal_idn also has a bilal offline store located in Balikpapan Super Block, Block C No.40, Balikpapan. East Kalimantan. The Instagram account @bilal_idn is a promotional media for people who want to buy, either online or just looking at the catalog and directly visiting the offline store. The purpose of this study is to determine whether or not there is a relationship between @bilai_idn Instagram content and followers' purchasing decisions. There are several factors examined through this research, starting from the content, product, entertainment, and event factors used by @bilal_idn through Instagram. The type of research used in this research is quantitative research, using statistical analysis techniques using random sampling techniques. By taking a sample of 100 followers @bilal_idn. The results show that there is a strong relationship between Instagram content and purchase decisions. There is a sufficient relationship between product content and purchasing decisions. There is a sufficient relationship between promotional content and purchasing decisions. There is a strong relationship between entertainment content and purchasing decisions. There is a sufficient relationship between event content and purchase decisions.

Abstrak. Instagram menjadi salah satu platform yang paling diminati di Indonesia, hal tersebut manjadi peluang untuk melakukan aktivitas promosi. Begitu juga dengan akun @bilal_idn yang merupakan bisnis pakaian muslim pria menggunakan instagram sebagai media promosi melalui konten yang diunggah, @bilal_idn juga memiliki offline store bilal yang berlokasi di Balikpapan Super Block, Blok C No.40, Balikpapan. Kalimantan Timur. Akun instagram @bilal_idn menjadi media promosi bagi masyarakat yang ingin membeli bisa melalui online atau hanya sekedar melihat katalog dan langsung berkunjung ke offline store nya.  Tujuan penelitian ini mengetahui ada atau tidaknya hubungan konten Instagram @bilai_idn dengan Keputusan Pembelian followers. Ada beberapa faktor yang diteliti melalui penelitian ini mulai dari faktor konten, produk, hiburan, dan event yang digunakan @bilal_idn melalui instagram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan teknik analisis statistik metode teknik sampling Random Sampling. Dengan pengambilan sampel yaitu followers @bilal_idn sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang kuat diantara konten Instagram dengan keputusan pembelian. Terdapat hubungan yang cukup diantara konten produk dengan keputusan pembelian. Terdapat hubungan yang cukup diantara konten promosi dengan keputusan pembelian. Terdapat hubungan yang kuat diantara konten hiburan dengan keputusan pembelian. Terdapat hubungan yang cukup diantara konten event dengan keputusan pembelian.

Published
2023-01-28