Strategi Pengelolaan Social Media Marketing dalam Meningkatkan Brand Awareness

  • Sultan Al Badar manajemen komunikasi
  • Endri Listiani Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: Social Media Marketing, Pengeloaan, Strategi

Abstract

Abstract. Social media is a medium of communication in the form of websites and applications using internet technology, this medium encourages and allows users to connect with anyone in the world. The public already uses social media a lot for their daily needs, Lil Public uses social media as a means of marketing communication in increasing brand awareness with good and attractive management strategies. This study aims to find out how social media management strategies are carried out by Lil Public in increasing brand awareness. The research method used is qualitative with a case study approach through open interview techniques, observation, literature studies, and documents relevant to research, this study uses data analysis techniques, data presentation, data reduction, data analysis and conclusion. who holds Lil Public, namely the owner, while the supporting sources are business strategy that processes the strategy to be implemented, then there is digital marketing related to promotion through the media and finally Lil Public's customers. The result shows that Lil Public has carried out a management strategy to increase brand awareness, carried out a management strategy before carrying out various promotions starting from stories, reels, feeds, live ig, ads to certain events, choosing social media marketing is the right choice, there are also obstacles and support. that arise due to weaknesses and advantages in Lil Public itself in conducting social media marketing.

Abstrak. Media sosial adalah  media komunikasi dalam bentuk website dan aplikasi dengan menggunakan teknologi internet, media ini mendorong dan memungkinkan pengguna untuk  terhubung dengan siapa pun di  dunia. Masyarakat sudah banyak menggunakan media sosial untuk kebutuhan sehari-hari, Lil Public menggunakan social media sebagai sarana komunikasi pemasaran  dalam meningkatkan brand awareness dengan strategi pengelolaan  baik dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana startegi pengelolaan social media yang di lakukan Lil Public dalam meningkatkan brand awreness. Metode  penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui teknik wawancara terbuka, observasi, studi literatur, dan dokumen yang relevan dengan penelitian, penelitian ini menggunakan teknik analisis data, penyajian data, reduksi data analisis data dan penarikan kesimpulan subjek dari penelitian ini ialah pihak yang memegang Lil Public yaitu owner sedangkan untuk narasumber pendukung ialah startegi bisnis yang mengolah strategi yang akan di jalankan, lalu ada digital marketing terkait dengan promosi melalui media dan terakhir costumer Lil Public. Hasilnya diketahui bahwa Lil public melakukan strategi pengelolaan dalam meningkatkan brand awareness, melakukan strategi pengelolaan terlebih dahulu sebelum melakukan berbagai promosi mulai story, reels, feeds, live ig, ads  sampai acara tertentu,pemilihan social media marketing adalah pilihan tepat, terdapat pula hambatan dan dukungan yang muncul diakibatkan oleh kelemahan serta keunggulan dalam Lil Public itu sendiri dalam melakukan social media marketing.

Author Biography

Endri Listiani, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung

 

 
Published
2023-01-28